Senin , 26 Februari 2024
Beranda » Humaniora » Profil Pemilih NU: Basis Demografisnya

Profil Pemilih NU: Basis Demografisnya

Seberapa Banyak Warga NU Memiliki Akun Medsos?

SEBERAPA banyak dari warga NU yang bermain Tik Tok? Dan bagaimana aspirasi politik mereka?

Kita mulai dengan data. Ini hasil survei LSI Denny JA, di bulan Agustus 2023. Dalam 18 tahun terakhir NU menjadi komunitas yang terus tumbuh.

Di tahun 2005 yang menyatakan; “Ya, saya bagi dari NU,” baru 27,5%. Di tahun 2014, prosentasenya naik menjadi 41,7%. Dan di tahun ini, 2023, mereka yang menyatakan bagian dari NU, naik lagi ke angka: 56,9%. Lebih dari separuh populasi Indonesia menyatakan diri bagian dari NU.

Namun aspirasi politik warga NU berpencar ke berbagai partai. PKB ternyata bukan partai favorit utama di kalangan warga NU.

Yang ke PKB dari warga NU hanya 11,6% saja. Bahkan lebih banyak lagi dari mereka menyalurkan aspirasi politiknya ke Gerindra: 13,6%.

Dan lebih banyak lagi, warga NU menyalurkan aspirasi politiknya ke PDIP: 21,9%. Warga NU yang ke PKB tak banyak beda sebenarnya dengan yang ke Golkar: 11.2%.

Simak juga:  Adv. Suyanto Siregar SH: Dalam Hiruk-Pikuk Pemilu, Advokat Tak Boleh Lupa Jati Dirinya

Secara sosiologis dari warga NU 62,8% hanya tamat SMP dan SD saja. Ini potret warga NU dari sisi pendidikan. Mayoritas pendidikannya hanya tamat SMP dan SD itu sama dengan gambaran majoritas populasi Indonesia.

Walaupun warga NU menyebar ke seluruh Indonesia, tapi 77,9% mereka berpusat di tanah Jawa. Sebanyak 48% penghasil mereka 2 juta sebulan ke bawah.

Bagaimana pandangan dan pikiran umumnya warga NU? Isu ekonomi adalah isu yang paling penting, menurut sebanyak 62,6% warga NU. Sebesar 89 7% warga setuju Pancasila menjadi ideologi negara.

Tak kurang dari 50% warga NU menyatakan: “agama tak bisa dipisahkan dari politik.” Namun, ini sangat penting, 82,9% menyatakan tak setuju jika Syariat Islam menjadi basis pemerintahan.

Soal media sosial, warga NU cukup fasih. Sebanyak 76,9% warga NU menyatakan mereka memiliki handphone. Sebesar 65,6%, warga NU memiliki akses ke internet.

Mereka memiliki dan menggunakan Twitter, Facebook, WhatsApp, Tik Tok hingga Instagram. Yang terbanyak memang sebanyak 48,5% mengatakan mereka memiliki akun Facebook.

Simak juga:  Komunitas #sejangkauantangan Indonesia Berbagi Pangan Untuk Kemanusiaan

Di NU, lahir begitu banyak pemikir termasuk Gus Dur. Konsep Islam nusantara dilahirkan di NU. Gus Dur menyatakan pentingnya pribumisasi Islam.

Bisa dikatakan NU termasuk Ormas yang paling kuat menjaga Islam moderat di Indonesia. ** (Denny JA)

 

 

* Denny JA, Ketua Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena
** Transkripsi yang diedit dari Video EKSPRESI DATA Denny JA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *