Selasa , 28 September 2021
Beranda » Humaniora » May Christianti, SH: PSM Mitra Kerja Pemerintah Dalam Tangani Masalah Sosial
Pengurus IPSM Kelurahan Tegalpanggung masa bakti 2021 - 2024 ketika dikukuhkan PLT Lurah Tegalpanggung, May Christianti Sudarmono, SH. (Sea)

May Christianti, SH: PSM Mitra Kerja Pemerintah Dalam Tangani Masalah Sosial

PEKERJA Sosial Masyarakat (PSM) merupakan mitra kerja Pemerintah dalam menangani serta menyelesaikan berbagai persoalan sosial yang ada di masyarakat. Termasuk di lingkup kerja Kelurahan, PSM benar-benar merupakan mitra kerja yang berperan besar dalam mewujudkan terciptanya suatu tatanan sosial yang lebih baik di tengah-tengah masyarakat.

Pernyataan itu dikemukakan PLT Lurah Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta, May Christianti Sudarmono, SH, ketika mengukuhkan pengurus IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) Kelurahan Tegalpanggung masa bakti 2021-2024 di kantor kelurahan setempat, Rabu, 19 Mei 2021.

Menurut May Christianti, keberadaan PSM di wilayah kelurahan seperti halnya Kelurahan Tegalpanggung benar-benar telah sangat membantu berbagai program dan kebijakan Pemerintah dalam menangani persoalan-persoalan sosial yang ada di masyarakat.

“Tanpa keberadaan PSM maka penanganan dan penyelesaian persoalan sosial di masyarakat tentulah tidak selancar yang diharapkan. Dengan keterlibatan PSM maka berbagai penanganan masalah sosial di masyarakat bisa tertangani dengan baik. Misalnya, pendataan keluarga tidak mampu, keluarga yang bermasalah secara sosial, penyandang disabilitas dan semacamnya, pendataan lansia miskin, bahkan sampai pendataan penduduk,” ujarnya.

Bekerja dengan Ikhlas
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tegalpanggung, M Iskak Budhi, dalam kesempatan itu meminta segenap anggota Pekerja Sosial Masyarakat dalam melaksanakan tugas dan kerja sosialnya bisa melakukannya dengan hati ikhlas.

Simak juga:  Pekerjaan Sosial Bukan Mengambil Alih Masalah

Sebagai pekerja sosial, lanjut Iskak Budhi, anggota PSM harus melakukan tugas-tugasnya dengan hati senang, niat yang tulus, bersemangat dan ikhlas. Karena tanpa adanya ketulusan, semangat dan keikhlasan untuk berbuat yang positif bagi kepentingan masyarakat, maka pekerjaan atau tugas yang dilakukan terasa menjadi beban memberatkan.

“Akan tetapi bila memang sudah diniatkan untuk menjadi pekerja sosial, bekerja untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan sosial dengan semangat dan penuh keikhlasan, maka tugas atau kerja apa pun yang dilakukan terasa ringan dan menyenangkan,” ujar M Iskak Budhi.

Pengurus IPSM Kelurahan Tegalpanggung yang dikukuhkan itu diketuai Indria Purnamawati, sekretaris Tri Murwani, dan bendahara Minarni Prasetyo. Dan kepengurusan dilengkapi sejumlah bidang. * (Sutirman Eka Ardhana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *