Senin , 29 November 2021
Beranda » Event » MAWAYANG 2021: Merayakan Hari Wayang Bersama Kancil dan Dalang Perempuan
Ilustrasi Wayang Kancil.

MAWAYANG 2021: Merayakan Hari Wayang Bersama Kancil dan Dalang Perempuan

Press Release

Balai Budaya Minomartani, didukung program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan menggelar rangkaian kegiatan bertajuk MAWAYANG 2021 pada 28 Oktober dan 6-7 November 2021. Kegiatan ini bertepatan dengan perayaan Hari Wayang Nasional pada 7 November mendatang.

Wayang adalah sebuah jenis seni pertunjukan yang cukup tua di Nusantara. Prasastri Balitung (903 M) pun sudah mencatatkan adanya persembahan pementasan wayang. Meski sudah ada sejak ratusan tahun, nyatanya wayang masih tetap hidup dan berkembang di masyarakat Indonesia. Dan pastas saja, pada 2003, tepatnya 7 November, organisasi pendidikan dan kebudayaan dunia (United Nations Education and Cultural Organization – UNESCO) menetapkan wayang sebagai salah satu warisan budaya dunia dalam daftar Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Disusul kemudian pada 2018, Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 7 November sebagai HARI WAYANG NASIONAL. Oleh karena itu berbagai komunitas dan seniman pewayangan akan menggelar berbagai perayaan setiap tahun di berbagai tempat termasuk komunitas Balai Budaya Minomartani.

Sejak 2019, Balai Budaya Minomartani (BBM) telah menggelar MAWAYANG setiap tibanya perayaan Hari Wayang. Mawayang, dimaksudkan tidak semata sebagai perayaan, tetapi juga salah satu etalase perkembangan dalang muda dan pengembangan pengetahuan pewayangan terutama Wayang Kancil. Wayang Kancil, yaitu salah satu varian wayang kulit yang mengangkat cerita fabel dengan tokoh utama binatang Kancil. BBM memang punya kesejarahan yang unik terkait wayang kancil. Hal ini terkait dengan sejarah aktivitas seni pewayangan di BBM yang sudah lama berlangsung yang dimotori antara lain oleh almarhum Ki Ledjar Subroto, maestro Wayang Kancil yang gigih menghidupkan genre ini bahkan hingga ke Belanda. Sepeninggal mbah Ledjar, BBM kemudian terus berupaya melestarikan dan mengembangkan wayang kancil. Pada 2018, selama setahun penuh BBM menggelar pementasan wayang kancil setiap bulan dengan tajuk “tribute to mbah Ledjar”.

Simak juga:  Memahami “Wayang Kulit Wong” Kraton Surakarta

 

Wayang Kancil dan Fabel Nusantara

Pada edisi tahun 2021 ini, Mawayang focus pada dua hal : Fabel dan Perempuan. Fabel tentu saja sangat terkait dengan wayang kancil. Kali ini melalui webinar yang akan diselenggarakan secara daring, BBM menghadirkan 3 tokoh sebagai narasumber untuk membincang perihal fabel antara lain: Riris Purbasari, arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah akan membincang mengenai relief binatang di candi-candi; Sri Ratna Sakti Mulya, filolog dari FIB UGM akan membeberkan wawasan beliau mengenai Serat Kancil koleksi Pura Pakualaman; dan Ign. Nuryanta Putra, dosen pedalangan ISI Yogyakarta akan membahas mengenai pengembangan pakeliran dalam wayang kancil. Webinar ini bertujuan untuk membuka wawasan kita pada kekayaan khasanah sastra fabel yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengembangan sastra pedalangan. Webinar ini akan digelar pada 28 Oktober melalui platform Zoom.

Pada puncaknya, Mawayang 2021 akan menggelar 7 pementasan wayang pada tanggal 6-7 November 2021. Yang unik, pada pergelaran tahun ini adalah dalang-dalang yang akan tampil adalah dalang perempuan, mulai dari usia kanak, sampai dewasa. Dalang perempuan bukannya tidak lazim, tercatat dalam sejarah di masa Mataram sudah ada Nyi Panjang Mas, hingga masa millenium ketiga ini pun juga kerap muncul dalang dari kalangan perempuan, hanya saja jumlahnya memang sangat sedikit. Melalui Mawayang 2021, kita semakin yakin bahwa perempuan juga memiliki potensi yang sama dengan para laki-laki dalam pengembangan seni budaya di masyarakat. Pergelaran Festival Wayang Kancil ini akan ditayangkan secara live malalui kanal Youtube Balai Budaya Minomartani.

Simak juga:  Membaca Tentang Presiden di Bulan Purnama

Informasi detil dapat menghubungi akun media sosial kami di Instagram @balaibudayamino dan Facebook Balai Budaya Minomartani.

 

JADWAL KEGIATAN MAWAYANG

WEBINAR : Menggali Fabel Nusantara

28 Oktober : jam 10.00 – 12.00 WIB
ZOOM MEETING ID : 240 320 2112 | password : MAWAYANG21
YOUTUBE STREAMING : Balai Budaya Minomartani
Kontak info : Ali Hasan 0856 4374 1942

 

FESTIVAL WAYANG KANCIL 

6 November

    • Elisha Orcarus Allasso | 10.00 WIB
    • Bernadetha Astri Putri Nugraheni| 13.00 WIB
    • Sruni Dyah Pramesthi | 19.00 WIB

7 November

    • Kandhi Lipursari | 10.00  WIB
    • Sayang Ayu Setiani | 13.00 WIB
    • Amrih Tuti Lestari | 15.00 WIB
    • Fitri Bima Asih | 19.00 WIB

Live Streaming kanal Youtube BALAI BUDAYA MINOMARTANI
Kontak info : Andi Wisnu – 0817 9433 323

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *