Minggu , 7 Maret 2021
Beranda » Kesehatan » Cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Lingkungan Kerja
Bekerja, tetap jaga jarak. (Ist)

Cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Lingkungan Kerja

SUDAH hampir satu tahun lamanya kita merasakan dampak dari virus Covid-19 yang belum juga berakhir, namun kehidupan harus terus berjalan. Bisakah kita terus menerus melakukan kegiatan dengan pembatasan? Bekerja dengan penghasilan yang tidak pasti dan terpuruk karena ekonomi? Sudah pasti jawabannya tidak.

Tentunya kita ingin hidup normal seperti sebelum adanya virus ini, ingin kembali bekerja dengan tenang, belajar bersama teman-teman, bersosialisasi atau beraktivitas di luar dengan bebas agar produktif. Jika hal tersebut tidak dilakukan, cepat atau lambat akan berdampak pada berbagai sektor, baik sosial, budaya, pertumbuhan ekonomi akan mengalami perlambatan, industri tidak berjalan, atau masyarakat kehilangan penghasilan.            

Walau saat ini sudah menerapkan New Normal, namun tidak menjamin semua orang dapat melindungi diri mereka dari Covid-19, untuk itu sebagai warga negara yang baik kita harus senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah dan memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan diri serta menghindari lokasi yang terdapat kerumunan orang. Bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja karyawan di rumah (WFH) mungkin sedikit dapat lebih tenang, karena tidak harus setiap hari pergi ke luar rumah. Namun bagaimana bagi mereka yang harus tetap bekerja di kantor setiap harinya? Maka dari itu perlu mengetahui bagaimana cara mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja. Semoga lima tips di bawah ini bermanfaat.

 

Simak juga:  Ladang Dakwah Selama Pandemi Melalui Media Sosial

Lakukan pengukuran suhu sebelum masuk kantor.
Sebelum kita memasuki kantor dan bekerja, jangan lupa hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pengukuran suhu karyawan dengan thermogun. Normalnya suhu manusia rata-rata adalah 36-37 derajat celcius, jika lebih dari itu sebaiknya karyawan tidak dianjurkan memasuki area kantor dan beristirahat di rumah jika sedang sakit.

 

Selalu menggunakan masker saat di kantor.
Menggunakan masker adalah hal simple yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan kerja, dengan masker kita dapat terhindar dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri yang ada di udara. Namun, alangkah baiknya membawa cadangan masker saat kerja dan menggantinya setiap hari.

 

Sering menggunakan handsanitizer.
Cara mencegah penyebaran virus corona yang paling penting dan efektif dilakukan oleh diri sendiri adalah sering menggunakan handsanitizer. Suatu perusahaan dapat menyediakan tempat cuci tangan atau handsanitizer di setiap ruangan. Selain itu, setiap karyawan wajib memiliki handsanitizer agar lebih efektif dibawa kemana-mana. Sesudah menyentuh barang atau sebelum makan, wajib memperhatikan kebersihan diri sendiri dengan menggunakan handsanitizer atau mencuci tangan dengan sabun.

 

Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.
Untuk mencegah virus Corona di tempat kerja, sebisa mungkin menerapkan jarak minimal satu meter untuk setiap karyawan. Hal ini untuk menghindari kerumunan dan bersentuhan satu sama lain. Pasalnya, saat ini orang yang terkena virus Corona ada yang bisa diketahui gejalanya atau tidak (OTG), sehingga alangkah baiknya menghindari kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat di lingkungan kerja.

Simak juga:  Media Sosial Kini Menakutkan

 

Menjaga sirkulasi udara ruang kerja.
Jangan lupa untuk membuka sirkulasi udara setiap harinya apalagi saat pagi hari karena itu baik untuk kesehatan kita. Tidak dianjurkan menggunakan AC karena virus dan bakteri dapat tertahan di suatu ruangan. Maka dari itu membuka jendela ruangan kerja lebih disarankan agar setiap waktu udara dapat tergantikan.

 

Selain melakukan lima tips di atas, jangan lupa untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh seperti buah-buahan, sayuran, dan minum vitamin serta istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan Anda. Dengan ini niscaya, Anda dapat bekerja dan terhindar dari penularan Covid-19.  *** [Devia Anggraeni Talikasih]

 

* Devia Anggraeni Talikasih, lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 5 September  1997. Kini menuntut ilmu di Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam [KPI] Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. Motto hidup: Life must go on.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x