Beranda » Film » Wanita Tangguh Nan Cantik, Bunga Citra Lestari
Bunga Citra Lestari (Foto: wikipedia)

Wanita Tangguh Nan Cantik, Bunga Citra Lestari

SIAPA yang tak kenal dengan sosok wanita ini, cantik, ramah, murah senyum, selalu ceria, tidak sombong, dengan siapa pun mudah akrab. Wanita yang lahir di Jakarta, 22 Maret 1983 ini, adalah putri dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif. Siapa sih dia? Dia adalah Bunga Citra Lestari. Seorang aktris sekaligus pop singer yang suaranya sangat merdu dan berkarakter.

Tidak hanya pandai bernyanyi, Bunga Citra Lestari atau sering disebut dengan BCL bisa bermain peran lho! Terbukti dengan banyaknya film yang sudah ia bintangi, seperti Cinta Pertama (2006), Kangen (2007), Ada Kamu Aku Ada (2008), Saus Kacang (2008), Habibie & Ainun (2012), My Stupid Boss, Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, 3 Srikandi pada tahun 2016, Moon Cake Story, Surat Kecil untuk Tuhan, Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir pada tahun 2017, dan terakhir My Stupid Boss 2 pada tahun 2019. Selain membintangi film, BCL juga bermain serial tv dan sudah banyak judul film yang di dalamnya ada BCL sebagai aktrisnya. Seru ya! Selain membintangi beberapa film di layar kaca, BCL sudah berkarya dan menghasilkan beberapa album lagu, salah satunya The Best Of BCL.

BCL yang berdarah asli Minangkabau ini merupakan sepupu dari Ivan Permana dan Intan Ayu Purnama. BCL menikah dengan pria tampan, seorang aktor asal Malaysia keturunan Melayu-Inggris, putra seorang miliarder, yaitu Ashraf Sinclair. Mereka menikah pada tanggal 8 November 2008. Pertemuan pertama BCL dan Ashraf secara singkat waktu itu membuat Ashraf  langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan BCL. Dan, pertemuan mereka berawal dari suatu acara televisi di Kuala Lumpur dengan bintang tamunya adalah BCL.

Pada awalnya, Ashraf tidak ada rencana sama sekali untuk menjadi pembawa acara dalam program televisi tersebut. Namun karena ada suatu kendala sehingga pembawa acara tidak dapat hadir, akhirnya dengan terburu-buru Ashraf  diminta untuk menggantikannya dan telat satu jam. Waktu itu Ashraf sempat salah menyebut nama BCL, dari kejadian itu akhirnya mereka saling kenal hingga akhirnya mereka menikah. Resepsi diadakan dengan adat Minang (dari pihak BCL) dan Melayu (dari pihak Ashraf) sangat mewah dan meriah diadakan di dua negara, Indonesia dan Malaysia. Kemudian mereka mengadakan resepsi di Jakarta pada 9 November 2008 serta di Malaysia pada 14-15 November 2008. Mereka menjadi pasangan paling romantis, harmonis, tidak pernah ada kabar miring, menjadi idaman bagi masyarakat yang mengetahuinya.

 

Selalu Kompak

Setelah menikah, BCL masih tetap mengembangkan karirnya di dunia musik dan bakatnya di dunia akting dengan dukungan penuh dari sang suami, Ashraf. Hal itu terbukti dengan kompaknya pasangan ini tampil dalam suatu film romantis, Saus Kacang yang rilis pada tahun 2008. Bahkan soundtrack film ini dibawakan oleh BCL sedangkan Ashraf membantunya tampil dalam video klip. Kemudian, pada tanggal 22 September 2010, BCL melahirkan seorang anak laki-laki yang tampan seperti ayahnya dan diberi nama Noah Sinclair.

Simak juga:  Jurnalisme Menghukum (3): Presiden pun 'Dibantai'

Meskipun sudah menjadi seorang Ibu dan Ayah, mereka tidak kehilangan keharmonisannya sebagai sepasang suami istri. Mereka membagi waktu antara mereka dengan anak dan antara mereka sendiri. Selalu ada jadwal nge-date sebagai pengingat bahwa mereka bukan hanya orangtua, tapi mereka adalah pasangan, partner hidup, dan mereka sadar bahwa jika masih ingin berjuang bersama, maka mereka harus saling membahagiakan. Mereka juga mengajarkan hal itu pada Noah, supaya Noah bisa mencintai dirinya sendiri. Tak hanya itu, keluarga sederhana ini, selalu tampil kompak dengan gaya yang tidak terkesan mengada-ada tapi mereka tampil memang apa adanya dan keren.

Setiap kali tiba saat hari ulang tahun BCL, Ashraf selalu memberinya kejutan dan merayakannya dengan seru, begitupun sebaliknya, ketika Ashraf ulangtahun, BCL pun memberinya kejutan dan merayakan ulangtahun mereka dengan seru. Yang paling membahagiakan lagi, kedua pasangan ini selalu membawa aura positif dimana pun mereka bertemu dengan orang siapa pun itu, mereka tidak tanggung-tanggung, mereka tidak sombong dan ramah. Kedua keluarga BCL dan Ashraf pun terlihat rukun, menyenangkan sekali ketika melihatnya. Dalam hal ini, dalam beberapa wawancara, mereka terlihat selalu harmonis bukan berarti tidak ada masalah dalam kehidupan mereka. Tapi ketika ada masalah, mereka tentu mencari solusi, jika masih ingin berjuang bersama apapun masalahnya pasti ada jalan keluarnya. Selalu mendukung satu sama lain, ketika BCL show untuk menyanyi, Ashraf selalu menemani dan menjadi fans pertama BCL, begitupun ketika Ashraf ada undangan untuk bermain sinetron, BCL memilih untuk tidak mengambil tawaran job. Harus selalu ada yang di rumah untuk saling menjaga satu sama lain. Inilah yang terkadang dilupakan, kebersamaan, kehangatan, dan keharmonis andalam keluarga.

BCL dikenal para sahabatnya sebagai sosok wanita tangguh, kuat, dan mandiri. Sejak remaja pun BCL adalah seorang yang pekerja keras, apapun ia lakukan sendiri. Ibunya adalah seorang dokter gigi, tapi BCL tidak ingin mengikuti jejak ibunya sebagai dokter. BCL ingin hidup dengan apa yang menjadi pilihannya, apa yang disukainya,  menjadi aktris adalah bakatnya, tapi dunia tarik suara adalah passionnya. Dia harus bekerja dengan passion itu kuncinya. Apapun yang ingin dia lakukan dia pasti lakukan tidak ada seorang pun yang bisa melarangnya. Semua adalah tentang pilihan.

Simak juga:  Diskusi Kebangsaan XXIV: Jalan Terjal Demokrasi di Indonesia

 

Ditinggal Orang Tercinta

Namun, pada hari Selasa, tanggal 18 Februari 2020, suami BCL, Asharf Sinclair, meninggal dunia di usia 40 tahun didiagnosa akibat serangan jantung. Bagai kiamat, dunia seakan runtuh bagi BCL, tak kuasa menahan pedihnya kehilangan seseorang yang teramat dicintainya, yang selalu ada untuk BCL, selalu mencintai BCL, orang pertama yang mendukung sepenuhnya apapun yang BCL lakukan, kini BCL ditinggalkan orang yang paling dicintainya untuk selama-lamanya. BCL tidak pernah menyangka di usia yang masih muda ini, di waktu yang singkat ini, dia harus kehilangan orang yang selalu berada di sampingnya, membahagiakannya. Berhari-hari BCL tidak dapat lepas dari bayangan Ashraf, pasalnya dia sendiri yang pertama mengetahui bahwa ada yang tidak wajar dengan suaminya pada waktu menjelang subuh itu, baru saja menjemputnya dari acara Indonsian Idol, baru sekejap ditinggal ke kamar mandi, lalu selepas kembali mendapati suaminya diam tidak berdaya.

Hari-hari kini terasa sepi, namun banyak dukungan yang datang baik dari ibunda Ashraf, Khadijah Sinclair, saudara Ashraf, Aishahdan Adam, dari keluarga BCL sendiri, sahabat, teman, dan fans BCL. Sangat mengharukan, menyedihkan, layaknya pasangan Habibie dan Ainun, BCL yang menyanyikan lagu Cinta Sejati sebagai soundtrack film Habibie dan Ainun untuk mengenang cinta sejati mereka, kini BCL membawakan lagu tersebut untuk mengenang kisah cintanya sendiri dengan Ashraf. Tak bisa dibayangkan hidup tanpa Ashraf, selepas kepergian Ashraf bahkan sudah satu bulan lebih hingga hari ini, BCL belum mampu untuk bangkit.

Beberapa konser selepas kepergian suami, BCL masih terkenang dan sempat menangis ketika membawakan beberapa lagu seperti Cinta Sejati, Karena Ku Cinta Kau, dan Aku Tak Mau Sendiri. Seakan menjadi nyata lagu-lagu yang dirilis BCL.

Semoga setelah ini, BCL kembali bangkit karena harus ada yang ia perjuangkan yaitu putranya yang paling dia sayangi, Noah Sinclair. Karena hidup harus tetap berjalan, semoga secercah cahaya kebahagiaan dapat menyelinap masuk ke dalam ruang hatinya yang kini hampa. Semoga BCL kembali kuat dan kembali berjuang untuk dirinya dan keluarganya dan juga untuk para fans yang selalu menantinya. *** (Amelia Insani)

 

          *Sumber tulisan diramu dari berbagai media.

          *Amelia Insani, mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Lihat Juga

Romansa B. J. Habibie dan Hasri Ainun Besari

PADA tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan lahirlah anak keempat dari pasangan Alwi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *