Selasa , 14 Juli 2020
Beranda » Kesehatan » PSM Bertugas Dampingi Warga yang Butuhkan Layanan Sosial
Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat SKM. M.Kes. (Foto: Ist)

PSM Bertugas Dampingi Warga yang Butuhkan Layanan Sosial

PEKERJA Sosial Masyarakat (PSM) merupakan warga masyarakat yang atas rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Penegasan tentang PSM itu disampaikan Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Yogyakarta, Kasmat, pada ceramahnya tentang Peran dan Fungsi IPSM dalam Kelembagaan PSM dalam kegiatan Pelatihan Bimbingan Sosial Dasar bagi PSM, Senin (16 Maret 2020), komplek Balai Kota Yogyakarta. Pelatihan yang berlangsung dua hari tersebut dibuka Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta. Agus Sudrajat SKM. M.Kes, dan diikuti 45 PSM dari Kelurahan-kelurahan se-Kota Yogya.

Menurut Kasmat, PSM mempunyai tugas yang mulia. Tugas-tugas mulia PSM itu meliputi: mengambil inisiatif dalam penanganan sosial; membantu mendorong, menggerakkan dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Kemudian PSM bertugas mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial; mendampingi program kesejahteraan sosial di tingkat desa atau kelurahan.
Tugas mulia lainnya, berperan aktif dalam program nasional, dan sebagai mitra pemerintah atau institusi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Simak juga:  Gangguan Jiwa Bukan Berarti "Gila"

 

Inisiator dan Motivator

Kasmat menegaskan, dalam melaksanakan tugas-tugasnya, PSM juga memiliki fungsi yang mulia, yakni sebagai inisiator, motivator, dinamisator dan administrator.
Dijelaskan, fungsi inisiator yakni mengambil inisiatif dan inovasi dalam menangani masalah kesejahteraan sosial. Fungsi motivator, melakukan sosialisasi memberikan informasi dan memotivasi masyarakat. Fungsi dinamisator, menggerakkan masyarakat dalam menghadapi dan mengatasi masalah kesejahteraan sosial. Sedang fungsi administrator, melakukan pencatatan dan pelaporan.
Berbicara tentang integritas PSM, Kasmat menyebut ada tiga hal yang harus jadi pegangan PSM, yakni moralitas, etika dan loyalitas.
Moralitas, yakni menjaga pribadi-pribadi pekerja sosial masyarakat yang baik. Etika, menjaga amanah dan kerahasiaan klien yang didampingi. Akan halnya loyalitas, memiliki kesetiaan untuk menjaga nama baik PSM.


PSM Tangguh

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat SKM, M.Kes, dalam sambutan pembukaan pelatihan berharap pelatihan Bimbingan Sosial Dasar yang berlangsung dua hari tersebut mampu menghasilkan atau menciptakan PSM Tangguh di Kota Yogyakarta. Tangguh dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang secara sukarela mengabdi untuk membantu Pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. * (Sutirman Eka Ardhana)

Lihat Juga

Pekerjaan Sosial Bukan Mengambil Alih Masalah

PEKERJAAN sosial merupakan suatu cara untuk menolong seseorang, kelompok, atau pun masyarakat dengan memberikan bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *