Beranda » Humaniora » Pesona Nusa Dua
Pantai Pandawa Nusa Dua. (Foto: Instiring.id)

Pesona Nusa Dua

BALI merupakan salah satu pulau dari sekian ribu pulau yang berada di Indonesia. Bali merupakan salah satu dari sekian banyak  pesona nusantara. yang dimiliki negeri ini. Indonesia memang memiliki sejuta kekayaan yang terkandung di dalamnya, baik kekayaan secara alam maupun kekayaan suku dan bangsanya. Salah satunya terdapat di Bali, yang memiliki julukan sebagai Pulau Dewata, pulau dengan keanekaragaman budaya Hindu dan Budha, pulau Seribu Pura. Dalam pemberian julukan ini tidak sembarangan hanya sekadar memberi sebuah julukan. Namun, nama julukan tersebut menyimpan makna yang berasal dari masyarakat maupun kehidupan budaya di sekitarnya.

Jika ingin liburan di Bali jangan pernah lewatkan pesona Nusa Dua Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata. Lokasinya berada di sebelah tenggara Pulau Bali, tepatnya di semenanjung. Kawasannya pun sangat luas yaitu mencangkup wilayah Sawangan dan Semenanjung Nusa Dua. Sebagian besar wisatawan baik domestik maupun mancanegara memilih tempat ini untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Nusa Dua juga termasuk tempat yang memiliki keamanan lebih, karena kawasan Nusa Dua ini memiliki tiga gerbang masuk dimana masing-masing gerbang masuk dijaga secara ketat oleh pihak keamanan dari pihak pengelola wisata. Jika Anda mencari tempat yang aman dan privat, maka Nusa Dua bisa menjadi pilihan yang tepat.

Salah satu pintu masuk  Nusa Dua yang sangat mengagumkan adalah tol laut Bali Mandara, adalah jalan tol yang membentang sepanjang 12,7 kilometer di atas permukaan laut yang menghubungkan antara Kota Denpasar/Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan Nusa Dua. Pada tol laut Mandara ini disangga lebihdari 10.000 puing beton yang ditancapkan di tanah sehingga menjadi bangunan arsitektur yang kokoh dan menjadi daya tarik tersendiri.

Simak juga:  Diskusi Kebangsaan XIV: Perempuan Pelestari Pancasila

Tidak salah jika di Nusa Dua sering di kunjungitokoh-tokoh terkenal seperti mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Husein Obama menghabiskan lima hari liburan di Nusa Dua Bali. Tidak hanya Obama Raja Arab Saudi yaitu Salman bin Abdulaziz al-Saud juga pernah menginap di Nusa Dua Bali, bahkan sampai memesan empat hotel untuk berlibur di Nusa Dua Bali, karena membawa rombongan sebanyak 1.500 orang di antaranya paa pangeran, menteri, investor, dan perwakilan lainnya.

 

Daya Tarik Sejarah           

Selain tempat-tempat yang luar biasa untuk ditinggali, Nusa Dua juga memiliki daya tarik dari sejarah asal muasal objek wisata. Di masa lalu adanya dua karang yang terpisah yaitu dimana Nusa Dua adalah ciptaan ksatria sakti yang namanya Kebo Iwa. Pada saat itu keaktian Kebo Iwa menarik perhatian seorang raja dari keturunan terakhir Dinasti Warma Dewa yang bernama Sri Astasura Bumi Banten.

Singkat cerita Kebo Iwa ditugaskan untuk membawa salah satu batu dari pemberian Dinasti Warma tersebut untuk dibawanya ke  Kerajaan Majapahit. Namun takdir bercerita lain, dalam perjalanan ke tanah Jawa tiba-tiba batu itu pecah menjadi dua bagian dan jatuh di pinggir pantai. Kemudian batu tersebut menjadi kehidupan masyarakat. Sejak dari itu, lama kelamaan batu tersebut tumbuh membesar sehingga membentuk nusa yang dipanggil Nusa Dua. 

Simak juga:  Kuliah Online, Mengembara dari Kota ke Kota

Setelah menelaah sejarah bagaimana Nusa Dua Bali dapat menjadi tempat wisata yang menakjubkan, berikut adalah berbagai deretan pesona pantai yang sangat memukau daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan ketika mendapati kunjungan di Bali tepatnya di Nusa Dua Bali.

Dalam pesona wisata Nusa Dua dengan keindahan pantai dan lautnya yang indah kita tidak perlu merogoh kantong dalam, tiket masuk yang setiap ada di pantai Nusa Dua cukupdengan nominal Rp, 10.000 – Rp, 20.000 untuk setiap tiket kontribusi. Termasuk setiap pantai yang terletak di Nusa Dua diantaranya

Pantai Mengiat, Geger, Samuh, Sawangan, Gunung Payung, Tanjung Benoa dan MuayaJimbaran.

Jadi jangan berpikir lebih lama lagi untuk berlibur menikmati wisata di Nusa Dua Bali, nikmati liburan dengan keindahan wisata dengan harga yang cukup bersahabat Nusa Dua bisa dijadikan pilihan tempat wisata untuk menetap.*** (Muhammad Riza Dhiaul Haq)

 

          *Muhammad Riza Dhiaul Haq, mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Lihat Juga

Pak Jum, Dulunya Tak Dianggap Kini Disegani Masyarakat

MENTARI baru saja menampakkan sinar, namun pria yang berusia 50 tahun ini sudah siap dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *