Sabtu , 16 Oktober 2021
Beranda » Pendidikan » Peserta Saling Berjanji Garap Proyek Penelitian
Nur Inda Jazilah, salah satu peserta yang tampak bersemangat memilih sesi networking di ajang WINNER 2020. (Ist)

Peserta Saling Berjanji Garap Proyek Penelitian

KOMITMEN untuk bekerjasama mengerjakan proyek penelitian tercipta diantara para peserta WINNER 2020. Demikian diungkapkan Dito Alif Pratama, selaku Alumni Officer Nuffic Neso Indonesia sekaligus penanggung jawab acara sesi networking Sabtu petang (28/11/2020).
Dito menegaskan bahwa program ini sangatlah bermanfaat tidak hanya untuk membangun jejaring antar sesama alumni Belanda, tetapi juga dengan beberapa pemangku kepentingan yang relevan lainya. “Beberapa peserta juga mengabari saya bahwa setelah mereka mengikuti sesi networking, ada diantara mereka yang berkomitmen bekerjasama mengerjakan suatu project penelitian, diantaranya di bidang kesehatan, tata kelola air dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Sesi Networking WINNER memang menjadi salah satu acara yang paling banyak diminati peserta selama perhelatan WINNER 2020 yang berlangsung tiga hari (24-26 November 2020). Pada penutupan acara Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020, panitia mengadakan survey singkat kepuasan peserta terhadap acara tersebut. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah ‘Which 2 activities did you enjoy most during WINNER?’, apa saja dua program yang paling anda nikmati selama acara WINNER?. Survey tersebut dilakukan melalui platform mentimeter.com.

Simak juga:  Usel, Bermula dari Pertanyaan Seorang Belanda

 

Wadah Diskusi

Sesi Cooperation dan Networking merupakan salah satu rangkaian acara WINNER yang diselenggarakan di hari ke-2 (25 November 2020). Sesi ini difasilitasi oleh oleh Nuffic Neso Indonesia melalui jaringan alumni Belanda, Holland Alumni Network. Tujuan diselenggarakanya acara ini diantaranya adalah untuk menjadi wadah diskusi informal sekaligus matchmaking antar alumni Belanda dan beberapa stakeholders untuk memperkuat dan meningkatkan Kerjasama Indonesia-Belanda. selama program networking dan matchmaking ini, peserta juga diperkenankan untuk mempresentasikan poster seputar inovasi kerja dan temuan penelitian untuk didiskusikan bersama peserta networking lainya. Panitia menyediakan 30 ruang (breakout room zoom) untuk dipergunakan para peserta WINNER yang ingin melakukan diskusi maupun aktivitas networking lainya.

Sedikitnya 15 alumni Belanda hadir memfasilitasi sesi networking ini. Para alumni yang tergabung dalam jaringan Holland Alumni Network Indonesia menyiapkan 11 ruangan networking. Setiap ruangan tersebut diberi nama sesuai dengan tujuan (goals_ dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi minat dan kajian mereka, diantaranya, Room SDGs 2 : Zero Hunger, SDGs 3 : Good Health and Well-being, Room SDGs 4 : Quality Education, Room SDGs 6 : Clean Water and Sanitation, Room SDGs 7 : Affordable and Clear Energy, Room SDGs 9 : Industry, Innovation, and Infrastructure, Room SDGs 10 : Reduced Inequalities, Room SDGs 13 : Climate Action, Room SDGs 14 : Life Below Water, Room SDGs 16 : Peace, Justice, and Strong Institutions, dan Room SDGs 17 : Partnership for the Goals. Masing-masing alumni Belanda, tidak hanya memfasilitasi sesi networking di masing-masing ruangan berbeda tersebut, tetapi juga mempresentasikan poster hasil inovasi riset dan aktivitas kerja yang mereka lakukan saat ini. (Laksmi Wuryaningtyas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *