Sabtu , 24 Oktober 2020
Beranda » Humaniora » Panorama Keindahan Danau Hijau di Dharmasraya
Panorama Danau Hijau yang indah. (Foto: Ist)

Panorama Keindahan Danau Hijau di Dharmasraya

KABUPATEN Dharmasraya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Dharmasraya merupakan pemekaran dari Kabupaten Sijunjung pada tahun 2004. Secara geografi Kabupaten Dharmasraya berada di ujung tenggara Provinsi Sumatera Barat dengan kontur tanah berupa berbukit, bergelombang, dan datar dengan variasi ketinggian dari 100 m-1500 m di atas permukaan laut. Meskipun masih tergolong Kabupaten baru sebenarnya Dharmasraya memiliki catatan sejarah yang lebih tua dan besar dibandingkan beberapa daerah di Sumatera Barat.

Tanah Dharmasraya merupakan salah satu tanah yang dulunya telah berdiri Kerajaan Melayu dengan nama ibukotanya Pulau Punjung. Sehingga beberapa peninggalan sejarah di wilayah ini sangatlah lengkap dimulai dari Rumah Gadang yang merupakan pemukiman bagi para keluarga kerajaan dan beberapa peninggalan sejarah berupa candi. Kabupaten Dharmasraya dikenal dengan sebutan RanahCati Nan Tigo, dan merupakan daerah yang terkenal dengan ladang sawitnya.

Dengan wilayah yang luas, ternyata Dharmasraya memiliki beragam obyek wisata yang patut untuk dikunjungi jika berada di sini. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa daerah Dharmasraya juga memiliki banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam hingga budaya, semua ada. Namun karena kurangnya promosi, menyebabkan orang banyak yang tidak mengetahui keberadaan objek wisata yang ada di Dharmasraya.

 

Danau Hijau

Salah satu yang populer adalah Danau Hijau yang menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Dharmasraya. Obyek wisata ini bertemakan sebuah danau yang berwarna hijau yang memiliki panorama keindahan yang menakjubkan. Danau ini sering kali menjadi jujugan para wisatawan, karena memang lokasinya yang strategis, yakni berada tepat di depan kantor tambang batubara Pengean, Sitiung 4, Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya.

Simak juga:  Kirab Palakiyah Watulawang: Angkat Drajat Melalui Adat

Membutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke lokasi jika kita datang dari pusat kota Kabupaten Dharmasraya. Sungai Rumbai sendiri terletak antara perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi. Tidak hanya lokasinya yang terletak jauh dari pusat kota, tetapi waktu tempuh perjalanannya juga lama. Pengunjung juga harus bisa menempuh medan yang boleh di bilang cukup berat karena kondisi jalannya yang tidak mulus. Akan tetapi semua hal yang menjadi hambatan tersebut akan terbayarkan secara lunas dengan adanya pemandangan yang begitu luar biasa dan sangat memuaskan. Jadi, perjalanan kita tidak akan pernah sia-sia.

Untuk bisa mencapai lokasi tersebut, maka bisa masuk dari arah Sungai Rumbai, kemudian melewati daerah Sitiung 4. Dari simpang Blok D Sitiung 4 ini , Anda bisa masuk ke Desa Pangean yang merupakan lokasi Danau Hijau Dharmasraya.

 

Bekas Galian Batubara

Sebenarnya Danau Hijau bukanlah sebuah danau alam, melainkan bekas area galian tambang batubara. Danau ini terbentuk akibat dari penambangan batubara yang sudah terhenti dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan tempat penambangan batubara ini menjadi sebuah danau yang indah. Danau ini juga memiliki kesamaan dengan Danau Biru yang terdapat di kota Sawahlunto, yang terbentuk akibat penambangan batubara juga.

Simak juga:  Tuhan Lepas Tangan

Dahulunya tempat ini merupakan tempat penambangan batubara yang aktif, namun setelah aktivitas penambangan berhenti menyebabkan terbentuknya Danau Hijau. Saat sekarang ini lokasi pertambangan ini menjadi salah satu tempat favorit yang banyakdikunjungi muda-mudi serta rombongan wisatawan berkeluarga yang datang untuk melihat secara langsung keindahan yang tersaji di Danau Hijau tersebut. Hal ini tentu dikarenakan lokasi dari tambang ini sudah berkamuflase menjadi sebuah tempat yang indah. Banyak juga yang sengaja datang hanya untuk membuktikan benar atau tidaknya infomasi yang beredar tentang air danaunya yang berwarna hijau.

Danau ini memiliki panorama pemandangan yang menawan. Dengan menyajikan keeksotisan alam Dharmasraya. Banyak sekali tempat-tempat spot untuk berfoto-foto yang terdapat di lokasi ini. Membuat orang yang pada masa sekarang ini menyukai berfoto selfi, ingin mengabadikan banyak momen ketika mengunjungi lokasi obyek wisata Danau Hijau.

Masih banyak keindahan dan tempat-tempat wisata lainnya yang menarik dari Kabupaten ranahcati nan tigoini. Setiap tempat memiliki sejarah-sejarah yang unik. Ada Bukit Tambun, Air Terjun Timbulun, Bendungan Batu Bakawik, puncak Gunung Medan, Bukit Burung Surga, dan masih banyak lainnya, yang bisa dikunjungi jika sedang berada di Dharmasraya. *** (Ulfia Fitriani)

 

Ulfia Fitriani, mahasiswi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Lihat Juga

Perayaan HUT ke-47 Teater Alam Yogyakarta

Paragraf di atas merupakan petikan Pidato Kebudayaan yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Yudiaryani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *