Sabtu , 24 Oktober 2020
Beranda » Kesehatan » Lurah Tegalpanggung Sapa Warga Demi Jauhkan Virus Covid-19
Lurah Tegalpanggung, Dra Haryatun saat mendatangi Pos Linmas Kelurahan Tegalpanggung. (Foto: Ismail)

Lurah Tegalpanggung Sapa Warga Demi Jauhkan Virus Covid-19

BEBERAPA minggu setelah menjalankan tugas sebagai Lurah Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Dra Haryatun gencar melakukan aktivitas “sapa warga”. Seperti Selasa, 29 September 2020, kegiatan “sapa warga” itu dilakukannya pada sejumlah lokasi di wilayah Kelurahan Tegalpanggung.

“Sapa warga” yang sekaligus merupakan langkah untuk memantapkan penegakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 itu diawali dengan mendatangi Pasar Lempuyangan, bersama tim penegakan protokol kesehatan Kelurahan Tegalpanggung. Kemudian dilanjutkan dengan mendatangi beberapa lokasi lainnya, di antaranya Pos Linmas Kelurahan Tegalpanggung.

Selain Pasar Lempuyangan dan beberapa lokasi lainnya, saya sengaja secara khusus meninjau Pos Linmas Kelurahan Tegalpanggung, untuk mengetahui hal yang berkaitan kesiapan penjagaan keamanan di setiap malamnya. Alhamdulillah, baik lokasi, personil, maupun sarprasnya sudah selalu siap, dan cepat tanggap dalam setiap keadaan,” kata Dra Haryatun.

Dari aktivitas “sapa warga” itu, menurutnya, terlihat jelas warga masyarakat di Kelurahan Tegalpanggung sudah sadar akan pentingnya memakai masker, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, dan lainnya yang berkaitan upaya pencegahan Covid-19. Di banyak lokasi tersedia tempat untuk mencuci tangan.

Simak juga:  Gundah Gulana Corona

Bahkan para pedagang atau bakul-bakul di Pasar Lempuyangan juga membawa hand sanitizer. Semoga hal seperti ini berkelanjutan. Sehingga masyarakat sudah menjadikan memakai masker itu sebagai suatu kebutuhan pokok dan akan menjadi kebiasaan sehari-hari,” jelas Lurah Tegalpanggung itu lagi.

 

Pesankan Enam Hal
Dalam kegiatan “sapa warga” itu, Lurah Dra Haryatun menyampaikan pesan enam hal kepada warga masyarakat Kelurahan Tegalpanggung.

Pertama, pesannya, warga masyarakat agar selalu jaga diri dengan selalu memakai masker, dan sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun.

Kedua, ia berpesan, agar senantiasa menjaga jarak aman, yakni jaga jarak dengan orang lain antara 1 – 2 meter.

Ketiga, perlunya jaga keluarga. Ia berpesan, agar jangan pernah membawa pulang virus, supaya anak, istri atau suami selalu terhindar dari pandemi Covid-19.

Keempat, ia berpesan tentang pentingnya menjaga lingkungan. Ia meminta, selalu pantau orang luar yang masuk ke wilayah masing-masing. Laporkan kepada Ketua RT, termasuk datangnya mahasiswa dari luar DIY. Dan, hentikan jika ada kerumunan yang akan menimbulkan terjadinya paparan virus.

Simak juga:  Pentas Ketoprak PDB Klaten Tingkatkan Kebersamaan Sesama Anak Bangsa

Pesan kelima, selalu jaga kesehatan, makan bergizi, minum vitamin, berjemur di panas matahari pagi, dan selalu gembira agar imun tetap kuat.

Sedang pesan keenam, harus terus berdoa. Bagi siapa pun, agama apa pun, hendaknya selalu memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Dra Haryatun berharap, semua warga masyarakat Kelurahan Tegalpanggung selalu jauh dan terjaga dari Covid-19. “Semua semoga sehat walafiat, bahagia dan bisa beraktivitas dengan baik,” harapnya. * (Sutirman Eka Ardhana)

Lihat Juga

Wong Jawa Ilang Jawane

KETIKA manusia pertama jatuh kedalam bujukan setan, penyebab utamanya , keinginan menyamai penciptanya. Buah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *