Selasa , 19 November 2019
Beranda » Kesehatan » Sehat di Usia Tua, Tergantung Makanan di Usia Muda
Sayuran dan buah-buahan yang diperlukan tubuh. (ft. lifestyle.okezone.com)

Sehat di Usia Tua, Tergantung Makanan di Usia Muda

SEHAT di usia tua adalah sesuatu yang membahagiakan. Bahkan, ada yang mengatakan harta yang tak ternilai harganya adalah sehat di usia tua atau di masa lansia. Akan tetapi, sedikit yang menyadari bahwa kesehatan di masa tua itu sebenarnya sangat tergantung pada apa yang dilakukan semasa muda. Pola makan di masa muda akan mempengaruhi kesehatan Anda di masa tua.

Bila di masa muda pilihan makanan Anda tidak terkontrol atau terkendali, akibatnya tentu akan dirasakan di usia tua atau ketika memasuki masa lansia. Akan tetapi bila sejak muda, pilihan makanannya terkontrol, kecenderungannya kesehatan Anda di usia tua akan senantiasa terjaga. Dengan kata lain, resiko gangguan kesehatan di hari tua akan dapat tereleminir.

Untuk menghindari terjadinya resiko gangguan kesehatan di hari tua, sejak dini haruslah diperhatikan pilihan makanan Anda. Sejak muda haruslah dibiasakan untuk memilih makanan sehat, karena makanan sehat itu akan mempengaruhi atau menjaga kesehatan Anda di usia tua. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan makanan sehat itu, di antaranya pilih makanan berbahan dasar tumbuhan atau sayuran, minum air yang cukup, hindari lemak, kolesterol dan sodium, serta pertimbangkan vitamin.

 

Sayuran dan Buah

Memilih makanan yang berbahan dasar tumbuhan atau sayuran dan buah-buhan itu sesuatu yang harus dilakukan, bila Anda ingin memilih atau mengonsumsi makanan sehat. Sayuran dan buah-buahan itu penting dan besar manfaatnya bagi kesehatan. Selain mengandung zat-zat vitamin yang tinggi, sayuran dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang mengandung serat, yang sangat besar manfaatnya bagi kesehatan pencernaan Anda.

Karena itu dalam setiap harinya Anda harus memperbanyak variasi sayuran dan buah-buahan. Variasi sayuran dan buah-buahan itu akan memberikan cakupan gizi yang luas dan beragam. Dalam hal kebutuhan sayuran dan buah-buahan ini, pakar kesehatan menganjurkan dalam sehari sebaiknya Anda mengonsumsi 5 porsi buah-buahan dan sayur.

Simak juga:  Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) DIY Segera Terbentuk

 

Minum yang Cukup

Jangan anggap sepele soal air atau minum. Bila suatu saat Anda merasakan kehausan yang sangat, jangan anggap itu sebagai sesuatu yang bisa. Sebaiknya jangan ditunda, untuk segera mengatasi rasa haus itu dengan minum. Rasa haus itu sesungguhnya merupakan tanda-tanda dari dehidrasi yang ringan.

Dehidrasi adalah tanda-tanda kekurangan air atau cairan di dalam tubuh. Nah, kalau merasakan kehausan yang sangat, itu artinya persoalan dehidrasi di tubuh Anda harus benar-benar diperhatikan. Segeralah minumj, tentu saja minum air yang sehat. Air yang sehat itu adalah air yang matang dan bersih. Bila rasa haus sudah mengganggu, minumlah secukup mungkin. Dalam standar kesehatan, sebaiknya kita minum sebanyak delapan gelas sehari.

 

Waspadai Lemak

Hindari makanan yang kadar lemak dan kolesterolnya tinggi. Waspadai makanan berlemak dan berkolesterol tinggi itu bila tubuh Anda tidak ingin menerima akibatnya. Tubuh yang kebanyakan lemak, bisa berakibat perkembangan tak terkendali. Kecantikan atau kelangsingan tubuh yang Anda miliki (untuk perempuan), bisa jadi dalam waktu yang tidak terlalu lama akan berubah. Tubuh akan berubah mekar atau subur.

Nah, bila sudah seperti itu, Anda sendiri yang akan gelisah dan repot. Apalagi, kata banyak pakar kesehatan, penyakit itu senang berkunjung ke tubuh-tubuh yang gemuk atau subur. Selain itu jangan terlalu sering mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, seperti kuning telur, jeroan dan susu krim. Bahkan ada pakar gizi yang secara ekstrim mengatakan, hindari saja makanan-makanan berkolesterol tinggi itu bila kesehatan Anda tak ingin bermasalah.

Simak juga:  Pemberdayaan Lanjut Usia Melalui Keahlian Mendongeng

Kolesterol yang tinggi memang bisa mengakibatkan asam urat, hipertensi, dan gangguan di jantung, serta lain-lainnya. Dan juga, jangan terlalu banyak mengonsumsi sodium dalam seharinya. Sodium memang berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tapi bila kebanyakan ya bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu sebaiknya dalam sehari cukup mengonsumsi sodium sebanyak seperempat sendok teh.

 

Vitamin dan Suplemen

Ini juga perlu untuk Anda lakukan. Tak ada salahnya bertanya kepada dokter, tentang vitamin atau suplemen apa yang sebaiknya perlu untuk tubuh Anda, agar tetap terjaga kesehatannya. Di toko-toko obat bahkan di sembarang toko kini tersedia beragam vitamin, mineral dan suplemen, dengan beragam merek.

Bila tak yakin dengan seberapa besar manfaat vitamin, mineral atau suplemen itu bagi tubuh Anda, jangan sungkan-sungkan tanyakan saja pada dokter. Misalnya, vitamin apa yang pantas Anda konsumsi? Bagaimana dengan kalsium? Dan, suplemen apa yang cocok?

Nah, bila di masa muda, pilihan makananya sudah terjaga dan atau terkontrol dengan baik, pastilah di usia tua atau di masa lansia, Anda akan menjalani kehidupan dengan bahagia, gembira dan ceria. Sebab, sehat di usia tua memang sesuatu yang membahagiakan dan menggembirakan. *** (Indria Purnamawati)

 

*Indria Purnamawati, kader kesehatan dan pengurus Komisi Lansia Kelurahan Tegalpanggung, juga Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta.

Lihat Juga

Mengisi Hari-hari di Usia Tua dengan Hal-hal Menyenangkan

MENJADI tua atau lanjut usia (lansia) itu sunnatullah. Artinya, menjadi lansia itu sesuatu yang pasti. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x