Selasa , 17 September 2019
Beranda » Peristiwa » Pekerja Sosial Masyarakat Itu Pahlawan Sosial
Sebagian anggota PSM yang mengikuti Penyuluhan PSM. (ft. Ist)

Pekerja Sosial Masyarakat Itu Pahlawan Sosial

PEKERJA Sosial Masyarakat (PSM) itu pahlawan sosial. Karena selalu melakukan tugas-tugas mulia yang senantiasa berkaitan dengan persoalan atau permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. PSM itu relawan sosial yang bekerja atau membantu menangani permasalahan-permasalahan sosial tanpa pamrih, tanpa mengharapkan imbalan apa-apa. Sebagai pahlawan sosial, kehadiran Pekerja Sosial Masyarakat memang sangat diharapkan oleh masyarakat demi membantu persoalan sosial yang mereka hadapi bisa teratasi.

Pernyataan yang menyebut Pekerja Sosial Masyarakat sebagai pahlawan sosial itu disampaikan Lurah Tegalpanggung, Desy Indriastuti, SSTP, MSi, ketika membuka kegiatan Penyuluhan PSM Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Rabu (24 Juli 2019).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tegalpanggung itu diikuti 25 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Tegalpanggung, dan menghadirkan pembicara Puji Astuti dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta dan Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Yogyakarta, Kasmat.

Menurut Lurah Desy Indrastuti, PSM di wilayah Kelurahan Tegalpanggung selama ini telah banyak membantu tugas-tugas Dinas Sosial, dan juga Pemerintah Kelurahan Tegalpanggung dalam menangani dan menanggulangi berbagai persoalan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Misalnya dalam mendata anak-anak terlantar, lansia terlantar, korban-korban KDRT, penyandang disabilitas, lansia miskin, keluarga miskin, anak-anak putus sekolah, dan beragam lainnya lagi.

Simak juga:  Revolusi Konstitusi

 

Tingkatkan Profesionalitas

Sedang Puji Astuti dari Dinsos Kota dan Kasmat selaku ketua IPSM Kota Yogya, sama-sama mengharapkan agar para PSM di wilayah Kelurahan Tegalpanggung senantiasa berusaha meningkatkan profesionalitas kerjanya sebagai Pekerja Sosial Masyarakat dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang selalu dilaksanakan Dinas Sosial Kota Yogyakarta maupun instansi terkait lainnya.

Karena, menurut Kasmat, sikap profesionalitas itu sangat membantu kelancaran dan keberhasilan para Pekerja Sosial Masyarakat dalam menjalankan kerja-kerja sosialnya di tengah-tengah masyarakat.

Menurut Ketua IPSM Kelurahan Tegalpanggung, Indria Purnamawati, pihaknya selama ini memang telah berusaha sebisa mungkin untuk meningkatkan profesionalitas dalam kerja memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Terlebih tahun 2019 ini PSM di Kelurahan Tegalpanggung mendapat kesempatan atau giliran mengikuti pemilihan PSM Berprestasi mewakili Kecamatan Danurejan. (Sutirman Eka Ardhana)

Lihat Juga

Benchmarking Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga ke Fakultas Teknik Unhas

FAKULTAS Saintek Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tak pernah berhenti melakukan langkah-langkah peningkatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *