Jumat , 18 Oktober 2019
Beranda » Event » Pameran Andra Semesta, 12-24 Juli 2019 di Tembi Rumah Budaya

Pameran Andra Semesta, 12-24 Juli 2019 di Tembi Rumah Budaya

Ardiandra Achmadi Semesta, yang biasa dipanggil Andra Semesta, akan memamerkan lukisan-lukisannya pada 12-24 Juli 2019 di Tembi Rumah Budaya, Yogyakarta. Keunikan proses berkarya Andra adalah melibatkan musik sebagai pemantik.

Ketika sebuah album musik diputar dan diperdengarkan, Andra mencoba mengekspresikan apapun yang ia rasakan di atas kanvas melalui warna dan komposisi. Andra membiarkan dirinya terbawa alunan suara, melodi, lirik, dan energi musik yang akhirnya menghasilkan ilustrasi “bentuk” dari musik tersebut sekaligus menunjukkan refleksi hati dan pikirannya.

Sudah hampir 10 tahun ini, Andra mendalami dan mengembangkan proyek personal ‘Music Mandalas’. ‘Andra menjelaskan, ‘Music Mandalas’ adalah proyeknya dalam menghasilkan karya-karya lukis sebagai bentuk kolaborasi pikiran dengan berbagai macam album musik, kompilasi musik, atau live show musik dengan menggunakan metode “subconcious” (bawah sadar). Kebanyakan Andra melukis di atas kanvas bundar  yang terilhami konsep lingkaran mandala, yang baginya memiliki makna spiritual (sebagai simbol keutuhan dan perputaran alam semesta) dan psychological (Jungian Mandala).

Biasanya karya ‘Music Mandalas’ keluar dalam bentuk karya “abstract-expressionist” seperti yang banyak terlihat dalam pameran ini. Namun terkadang Andra juga terbawa untuk menggoreskan tulisan atau figur ketika mendengarkan musik-musik tertentu. Umumnya, kata Andra, karyanya lebih ekspresif, emotive, atau puitis.

Simak juga:  Diskusi Kebangsaan II : Kebangsaan dan Media Massa

Gaya melukisnya ini dilakukan Andra sejak tahun 2010. Musik yang didengarnya dari genre yang beragam, sebut saja di antaranya dari kelompok atau musisi Pink Floyd, Pinkerton, Bob Dylan, serta musisi lokal Matajiwa dan Iwan Fals.

Pembukaan pameran akan berlangsung pada hari Jumat, 12 April 2019, pukul 19.00 WIB. Pada acara pembukaan pameran ini, Andra akan melakukan live melukis diiringi musik karawitan. Acara juga diisi dengan peragaan busana dimana pakaian yang dikenakan merupakan lukisan-lukisan Andra. Dengan demikian, lukisan difungsionalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pelukis kelahiran Jakata tahun 1991 ini menempuh pendidikan di Art Foundation Course, Bellerbys College, Brighton, Inggris, serta mengambil BA Hons Fine Art di Universitas Wimbledon College of the Arts, London, Inggris.

Meski masih tergolong muda, Andra aktif berpameran tunggal, antara lain di  Taman Ismail Marzuki, Jakarta (2015), Galeri-Museum Cemara 6, Jakarta (2016), dan Lawangwangi Creative Space  Bandung (2017). Sedangkan pameran bersama pernah dilakoni di Wimbledon College of The Arts London, Singapore International Art Fair Asia Singapura, Plaza Indonesia Jakarta, kediaman Duta Besar Jepang RI di Jakarta, Michigan State University Amerika Serikat, University of Otago Dunedin New Zealand, serta pada ‘Festival Indonesia Moscow’ di Moskow Rusia.

Lihat Juga

Fragmen Pohon-Pohon di Bulan Purnama

Pertunjukan puisi di Sastra Bulan Purnama edisi 96, yang diselenggarakan Jumat, 13 September 2019 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *