Jumat , 18 Oktober 2019
Beranda » Humaniora » Menyanyi, Terapi untuk Tetap Sehat
Nasrun Sidqi, salah seorang pengurus LaNosta dan anggota Komisi Sepuh Yo Band sedang menyanyi diiringi player Iman Santosa yang ketua Sanggar Melody. (ft. Ist)

Menyanyi, Terapi untuk Tetap Sehat

JANGAN anggap remeh bila Anda punya kesukaan menyanyi. Karena menyanyi bisa dijadikan terapi agar tubuh tetap sehat, jiwa tetap bersemangat, hidup tetap bergairah.
Dewasa ini di Yogyakarta, maupun di kota-kota lainnya, banyak bermunculan komunitas pecinta lagu nostalgia atau tembang kenangan. Komunitas-komunitas menyanyi itu mayoritas beranggotakan mereka yang berusia lima puluh tahunan ke atas. Jumlahnyakomunitas penggemar tembang kenangan itu bisa puluhan, atau bahkan mungkin ratusan, karena belum ada yang mendata secara menyeluruh.

Beberapa di antara komunitas menyanyi itu memiliki anggota lumayan banyak. Komunitas Melody yang bermarkas di Nyutran, Yogya, misalnya. Komunitas yang dipimpin Iman Santosa ini beranggotakan 100 orang lebih. Di komunitas Melody ini seakan tiada hari tanpa aktivitas menyanyi, yang diiringi player Iman Santosa sendiri.

“Ya, boleh dibilang setiap hari dari pukul 09.00 pagi sampai 16.00 sore di Sanggar Melody ini ada kegiatan menyanyi. Hanya di hati Minggu saja libur,” kata Iman Santosa, sang ketua yang sekaligus player itu.

 

Wadah Komunitas

Menariknya lagi, di Yogya ini puluhan komunitas menyanyi membuat pula wadah bersama. Wadah bersama itu bernama LaNosta. Secara kebetulan, grup-grup komunitas yang tergabung di dalamnya, merupakan komunitas-komunitas yang sering tampil menyanyi di Radio Suara Kenanga Yogyakarta.

“Ya, komunitas yang tergabung di dalam LaNosta memang grup-grup yang sering tampil menyanyi, mengisi acara di Radio Suara Kenanga. Wadah bersama ini merupakan merupakan arena atau tempat untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegemaran menyanyi. Dan terutama tentu untuk ajang silaturahmi, saling mempererat persahabatan dan persaudaraan,” ujar Nasrun Sidqi, salah seorang pengurus LaNosta, belum lama ini.

Baik Iman Santosa, maupun Nasrun Sidqi, sama-sama meyakini bahwa kegemaran menyanyi itu bisa dijadikan terapi agar tubuh tetap sehat, jiwa senantiasa bersemangat, hidup bergairah.

Nah, kalau mau tetap sehat secara lahir dan batin, mari menyanyi.

 

Sutirman Eka Ardhana

Tulisan ini telah dimuat di sutirmaneka.blogspot.com (10/10/2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *