Jumat , 10 Juli 2020
Beranda » Humaniora » Latihan Menulis untuk Lansia, Kegiatan Langka yang Positif
Ketua LPMK Tegalpanggung, M Budi Iskak L (kiri) ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Menulis dan Mengarang untuk Lansia. Paling kanan, Joko Sulistyo. (Ft: Ist)

Latihan Menulis untuk Lansia, Kegiatan Langka yang Positif

KETUA Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, M Budi Iskak L, menyatakan langkah para lanjut usia (lansia) mengisi hari-hari tuanya dengan menulis merupakan sesuatu yang sangat positif.

M Budi Iskak mengemukakan hal itu ketika membuka kegiatan Pelatihan Menulis dan Mengarang untuk Lansia se-Kelurahan Tegalpanggung, Kamis (5 Desember 2019). Pelatihan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tegalpanggung itu diikuti peserta lansia dan pra-lansia yang memang menaruh minat untuk mengisi hari-hari tua mereka dengan menulis. Narasumber dalam pelatihan tersebut Ketua Komisi Lansia Kelurahan Tegalpanggung sendiri, S.Eka Ardhana.

 

Kegiatan Langka

Menurut M Budi Iskak, kegiatan pelatihan menulis memang sering diadakan, terutama untuk generasi muda, mahasiswa atau masyarakat umum lainnya.
Tapi, pelatihan menulis untuk para lansia, dipandang M Budi Iskak sebagai sesuatu yang langka.
“Pelatihan menulis dan mengarang untuk para lansia sepertinya masih jarang diadakan, atau termasuk sesuatu yang langka. Karena mungkin dipandang, sudah tidak lagi tertarik dengan dunia penulisan, sehingga tidak perlu diadakan lagi untuk lansia. Padahal menulis atau mengarang bagi lansia merupakan kegiatan yang positif. Karena kegiatan menulis akan mengasah pikiran para lansia untuk senantiasa bersemangat dalam menjalani kehidupan di hari tua,” kata M Budi Iskak.

Simak juga:  Tradisi Desa Jatimulyo Petanahan Dalam Hadapi Wabah Penyakit

Seperti halnya M Budi Iskak, Wakil Ketua LPMK Tegalpanggung, Joko Sulistyo, yang menjadi moderator dalam pelatihan itu juga menyatakan pelatihan menulis untuk para lansia sebagai kegiatan yang langka.
Bahkan, Joko Sulistyo menengarai pelatihan menulis dan mengarang untuk lansia di Kelurahan Tegalpanggung tersebut merupakan yang pertama di lingkungan Komisi Lansia yang ada di Kota Yogyakarta.
“Saya belum mendengar kegiatan pelatihan menulis untuk para lansia telah diselenggarakan di tempat lainnya di Kota Yogyakarta, khususnya di lingkungan Komisi Lansia Kelurahan. Jadi sepertinya yang dilakukan di Kelurahan Tegalpanggung ini merupakan yang pertama kali. Mohon maaf kalau saya keliru,” ujar Joko Sulistyo.
Baik M Budi Iskak maupun Joko Sulistyo menyambut baik rencana untuk menjadikan tulisan para lansia peserta pelatihan sebagai karya buku yang nantinya diterbitkan.

“Jika buku yang berisi hasil karya para lansia itu nanti terbit, maka hal tersebut merupakan sesuatu yang membanggakan bagi Kelurahan Tegalpanggung,” kata Joko Sulistyo. * (SEA)

Lihat Juga

Seputar Kepenulisan Saya

Saya suka menulis. Itu diawali dengan kesukaan saya membaca buku sejak bangku SMP dulu. Terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *