Kamis , 12 Desember 2019
Beranda » Pendidikan » Lansia Tegalpanggung Latihan Membuat Jamu
Para lansia peserta pelatihan membuat jamu dalam kebersamaan. (Ft: SEA)

Lansia Tegalpanggung Latihan Membuat Jamu

USIA tua bukanlah halangan untuk melakukan langkah-langkah yang produktif. Banyak hal yang bisa dilakukan para lanjut usia (lansia), terutama dalam upaya mengisi kehidupan secara positif. Positif tidak saja bagi dirinya sendiri, tapi juga untuk masyarakat di sekitarnya.

Dalam kaitan agar para lansia bisa mengisi hari-hari tuanya dengan langkah-langkah yang positif tersebut, Komisi Lansia Kelurahan Tegalpanggung bekerjasama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tegalpanggung menyelenggarakan kegiatan latihan pembuatan jamu untuk para lansia. Pelatihan yang dikemas dalam kegiatan bertajuk Pendampingan Usaha Kelompok Warga Lansia Produktif itu berlangsung, Jumat (29 November 2019) di gedung Ruang Terbuka Publik Hijau (RTPH) Kelurahan Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta.

 

Beras Kencur

Kegiatan pelatihan membuat jamu tersebut diikuti 30 orang peserta yang semuanya perempuan lanjut usia. Dalam pelatihan itu para peserta mendapat materi cara membuat beras kencur dan jahe instan, yang diberikan narasumber, Sri Sulastri.
Menurut Sri Sulastri, membuat jamu seperti beras kencur dan jahe instan itu bukanlah sesuatu yang sulit. Apalagi bahan bakunya seperti kencur dan jahe bisa diperoleh dengan mudah. Apalagi kalau ingin menanamnya sendiri, kencur dan jahe bisa ditanam di sekitar rumah, meskipun lahannya sempit.

Wakil Ketua Komisi Lansia Kelurahan Tegalpanggung, Hj. Muji Rahayu Supardi, meminta para peserta untuk mempraktikkan sendiri cara membuat beras kencur dan jahe instan itu di rumahnya masing-masing.
“Jangan hanya sekadar mengetahui dan melihat bagaimana proses membuat beras kencur dan jahe instan di acara pelatihan ini saja. Tapi apa yang diperoleh di pelatihan ini hendaknya segera dipraktikkan di rumah,” ujar Hj Muji Rahayu Supardi.

Simak juga:  Bakul Jamu?

Hj Muji Rahayu Supardi juga berharap, agar para lansia peserta pelatihan tidak hanya puas bisa membuat beras kencur serta jahe instan untuk konsumsi sendiri. Tapi juga dapat membuat untuk konsumsi orang lain, atau produk beras kencur dan jahe instan tersebut bisa dijual kepada masyarakat luas. * (Sutirman Eka Ardhana).

Lihat Juga

Mendongeng, Tradisi Mulia yang Mulai Ditinggalkan

MENDONGENG, dulu boleh disebut sebagai suatu kebiasaan atau tradisi yang dilakukan para orang tua kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x