Jumat , 22 November 2019
Beranda » Humaniora » Foto Feature, Hadirkan Gagasan yang Berharga
MENDAKI. Si kecil sedang mencoba menapak untuk mendaki trap demi trap atau tahapan-tahapan ke puncak kehidupan. Hidup memang penuh perjuangan. Dan si kecil sudah diberi pemahaman agar berani menapaki jenjang-jenjang kehidupan itu. (ft. SEA)

Foto Feature, Hadirkan Gagasan yang Berharga

FOTO feature merupakan salah satu jenis foto jurnalistik. Artinya, foto feature termasuk salah satu dari jenis-jenis foto jurnalistik yang bisa ditemukan di media massa, baik media cetak maupun media daring. Di dalam ranah foto jurnalistik setidaknya terdapat tujuh jenis foto jurnalistik. Selain foto feature, keenam lainnya meliputi foto berita (spot news), foto human interest, foto esai, foto cerita, foto humor, dan foto olahraga.

Mari kita bicara tentang foto feature. Kenapa harus foto feature? Kenapa tidak yang lainnya? Sabar, jenis foto jurnalistik yang lain pasti akan dapat gilirannya untuk kita perbincangkan. Kali ini pilihannya foto feature terlebih dulu. Kenapa? Ya, karena foto feature mempunyai daya tarik atau pesona tersendiri. Pesona yang khas.

 

Pesan Berkualitas

Foto feature merupakan jenis foto jurnalistik yang tidak sekadar memiliki nilai informasi, tapi juga memiliki dan menyampaikan suatu gagasan berharga pada orang yang melihatnya.

Sekalipun hadir tunggal, foto feature bisa menghadirkan beragam penafsiran. Maksudnya, bila ada sepuluh orang yang melihatnya, maka bisa terjadi penafsiran ke sepuluh orang itu berbeda-beda satu sama lainnya.

Simak juga:  Karya Foto akan Aktual Sampai Kapanpun

Tak hanya itu, foto feature mampu menghadirkan kesan yang menggoda atau mempesona kepada yang melihatnya, sekaligus juga memberikan pesan yang berkualitas.

Kesan yang dimunculkan oleh foto feature, merupakan daya tarik yang mempesona dan menggoda. Bahkan pada kesan yang dimunculkan itulah terletak kekuatan utama foto feature.

Kesan yang dimunculkan oleh foto feature mampu ‘memaksa’ orang yang melihatnya untuk berlama-lama menikmati foto tersebut. Dan kemudian mencoba menangkap atau mencari pesan-pesan apa yang disampaikan foto feature itu.

 

Harus Jeli dan Peka

Walau objek foto feature itu sesungguhnya terdapat di mana-mana, tapi diperlukan kejelian dan kepekaan sekaligus kecerdasan sang wartawan atau fotografer untuk mendapatkannya.

Dalam suatu peristiwa misalnya, sang wartawan atau fotografer akan dengan sangat mudah mendapatkan momen foto berita. Tapi untuk objek foto feature, bila sang wartawan atau jurnalisnya tidak jeli dan peka, belum tentu ia bisa menemukannya.

Objek foto-foto feature seringkali tersembunyi di tengah-tengah suatu peristiwa. Bila sang wartawan atau fotografernya tidak jeli dan peka, maka objek-objek foto feature itu pun tak tertemukan. Tetapi bila sang wartawan atau fotografer jeli dan peka, sekaligus cerdas, objek-objek foto feature yang menarik pun dengan mudah ditemukan dalam ketersembunyikannya.

Nah, contoh foto si kecil yang sedang ‘menunggu’ di atas ini, sepintas merupakan sesuatu yang biasa saja. Bagi yang tidak memiliki kejelian dan kepekaan, hanya dipandang sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja, dan jauh dari kesan menarik. Tapi bagi yang jeli dan peka dengan apa yang ada di sekelilingnya, pastilah akan tertarik begitu melihat momen si kecil sendiri di trotoar tepian jalan itu.

Simak juga:  Jurnalistik Dakwah, Pengertian dan Realitasnya

Jadi, sekali lagi, diperlukan kejelian dan kepekaan untuk mendapatkan foto-foto feature yang ‘tersimpan’ atau ‘tersembunyi’ itu. Disamping kejelian dan kepekaan, juga diperlukan kecerdasan untuk menentukan atau memilih foto-foto feature yang menarik dan berkualitas.

Sayangnya, hanya sedikit media yang tertarik untuk senantiasa menghadirkan foto-foto feature yang menarik dan berkualitas. Padahal sesungguhnya, foto-foto feature tak hanya menghadirkan informasi, gagasan, kesan dan pesan berkualitas, tapi juga telah menyejukkan dan mencerahkan jiwa. ***

 

Sutirman Eka Ardhana

Tulisan ini telah dimuat di cahayakatablog.wordpress.com (21/10/2019)

Lihat Juga

Foto Human Interest Mampu Menggugah Emosi

KITA berbincang lagi mengenai fotografi, khususnya fotografi jurnalistik. Dan, perbincangan kali ini tentang foto human …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x