Jumat , 22 November 2019
Beranda » Peristiwa » Dinsos Yogya Galakkan Gerakan Sayang Lansia
Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat, ketika menyampaikan paparannya di forum Pramusrembang Tematik Lanjut Usia Kota Yogyakarta tahun 2019. (ft. SEA)

Dinsos Yogya Galakkan Gerakan Sayang Lansia

PEMERINTAH Kota Yogyakarta melalui Dinas Sosial Kota Yogyakarta tak pernah berhenti memberikan perhatian dalam peningkatan pelayanan kepada para warga lanjut usia atau lansia.
Salah satu langkah peningkatan pelayanan kepada warga lansia itu, menurut Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat SKM, M.Kes, segera akan diwujudkannya Gersala atau Gerakan Sayang Lansia.

Ketika berbicara di depan forum Pramusrembang Tematik Lanjut Usia Kota Yogyakarta tahun 2019 yang berlangsung di Aula Kecamatan Jetis, Yogya, Kamis (17/10), Agus Sudrajat mengatakan Gersala yang dilaksanakan tersebut berbasis pada filosofi Jawa mikul dhuwur, mendhem jero.
“Gersala atau Gerakan Sayang Lansia tersebut berbasis pada filosofi mikul dhuwur, mendhem jero. Karena semua yang dilaksanakan nantinya adalah sebagai upaya menghormati dan memuliakan para lanjut usia,” ujar Agus Sudrajat.

Sekolah Lansia

Menurut Agus Sudrajat, sejumlah langkah yang ditujukan untuk peningkatan perhatian dan pelayanan kehidupan lansia kini sedang dirancang.
Langkah-langkah yang segera akan diwujudkan itu di antaranya Sekolah Lansia dan Latihan Mendongeng. Sekolah Lansia akan diupayakan bisa dilaksanakan di masing-masing Kelurahan.
“Kini modul untuk Sekolah Lansia itu sedang disusun oleh lembaga yang nantinya bekerja sama dengan Dinsos Kota Yogyakarta,” jelas Agus Sudrajat.

Simak juga:  Sehat di Usia Tua, Tergantung Makanan di Usia Muda

Sedang mengenai kegiatan Latihan Mendongeng, tambah Agus Sudrajat, di tahap awal masing-masing Komisi Lansia Kelurahan diminta mengirimkan satu orang peserta. “Nantinya para lansia yang mengikuti latihan mendongeng itu diupayakan untuk tampil mendongeng di depan anak-anak PAUD dan TK-TK yang ada di Kota Yogyakarta,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu Kadinsos Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat, mengapresiasi dan menyambut baik rintisan Sekolah Lansia yang sudah dilaksanakan di Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan.
“Kami mengapresiasi rintisan Sekolah Lansia di Kelurahan Tegalpanggung itu, walau belum maksimal. Agar maksimal, nantinya akan kami berikan modul-modul Sekolah Lansia tersebut,” jelas Agus Sudrajat.
Sebelumnya, peserta dari Komisi Lansia Kelurahan Tegalpanggung menginformasikan kepada Kadinsos Kota Yogyakarta, bahwa Kelurahan Tegalpanggung pada awal 2019 sudah terlebih dulu merintis Sekolah Lansia itu, meski masih terbatas di wilayah satu RW. Dan, Sekolah Lansia itu merupakan salah satu yang ditampilkan Kelurahan Tegalpanggung dalam Lomba Desa dan Kelurahan se-DIY tahun 2019. * (Sutirman Eka Ardhana)

Lihat Juga

Mendongeng, Tradisi Mulia yang Mulai Ditinggalkan

MENDONGENG, dulu boleh disebut sebagai suatu kebiasaan atau tradisi yang dilakukan para orang tua kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x