Minggu , 16 Desember 2018
Beranda » Pariwisata » Peran Wanita dalam Bidang Pariwisata Sangat Penting
Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si (ft. Ist)

Peran Wanita dalam Bidang Pariwisata Sangat Penting

PEMBANGUNAN sektor pariwisata sudah tidak diragukan lagi. Dalam hal ini peran wanita untuk memajukan dunia pariwisata  dan meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian sangat penting.  Karena kaum wanita  dan masyarakat sebagai “host” atau tuan rumah . Seperti  yang diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Kadinpar) Sleman Dra. Hj. Sudarningsih Msi  di ruang keerjanya belum lama ini,  terkait hari Ibu.

Menurut orang nomor satu di Dinpar Sleman ini, sekarang paradigma pariwisata  mengacu pada pembangunan pariwisata berkelanjutan.  Filosofi  pembangunan berkelanjutan adalah  bagaimana pembangunan itu dapat mensejahterakan  masyarakat  saat ini dan dijaga  agar  kegiatan pariwisata dapat berlangsung  lebih lama dalam memberikan manfaat pada generasi berikutnya.

Filosofi pembanguanan pariwisata  berkelanjutan ini sangat dekat dengan peran wanita yang dalam hampir semua kebudayaan  merupakan sosok pemelihara dan penjaga bumi.  Peran  wanita sebagai pemelihara dan penjaga bumi pertiwi, diartikan sebagai peran wanita utama yang merawat dan memulihkan bumi.  

Untuk itu, dalam pembangunan kepariwisataan di Sleman telah dilakukan peningkatan SDM terutama bagi wanita untuk dapat meningkatkan  peran dan kedudukannya melalui  4 pilar pembangunan pariwisata berkelanjutan. Misalnya  dalam manajemen  pariwisata  wanita lebih terlihat telaten  dalam pengelolaan kelembagaan desa wisata. Dan dalam meningkatkan manfaat sosial dan budaya, wanita  sebagai pelestari budaya dan mengedukasi  wisatawan  tentang kehidupan asli masyarakat untuk meningkatkan ekonomi.

Simak juga:  BPPS dan Dinpar Sleman Gencarkan Promosi Pariwisata

Wanita lebih terbukti menjadi penting  dalam pengembangan desa wisata, seperti menyiapkan  kuliner, penyambutan tamu dan menyiapkan cinderamata. Dan yang lebih penting lagi peran wanita dalam pariwisata, Bagaimana  meningkatkan  peran wanita sebagai penjaga lingkungan hidup, agar kegiatan pariwisata semaksimal mungkin berdampak positif pada lingkungan.

Misalnya peran wanita dalam pengelolaan  limbah dan sampah serta pemanfaatan halaman rumah sebagai lahan tanaman obat keluarga. Dalam  hal peningkatan SDM  tersebut, Dinpar Sleman  telah bekerjasama dengan banyak institusi dan  asosiasi  pariwisata, Sehingga saat ini  kepariwisataan   menjadi sektor andalan yang secara positif memberikan ruang bagi kaum wanita untuk dapat berperan aktif.

Menurut wanita yang memulai kariernya di bidang Humas Kabupaten  Sleman,   peran wanita tetap berperan penting, baik dalam keluarga, kelembagaan maupun dalam kepemimpinan yang artinya dengan  peran dan tugas wanita harus bisa ajur-ajer, ngemong banyak orang,  harus sabar dan bijak dalam menjalankan tugas  dan tanggung jawab  sebagai kaum hawa. (Nadi Mulyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *