Minggu , 21 Oktober 2018
Beranda » Kesehatan » KAI Resmikan Klinik Mediska Semarang Poncol dan Kereta Inspeksi Generasi Baru
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (ft. Ist)

KAI Resmikan Klinik Mediska Semarang Poncol dan Kereta Inspeksi Generasi Baru

Gebrakan kinerja PT KAI di awal tahun 2018 ini ditandai dengan diresmikannya Klinik Kesehatan Mediska Semarang Poncol dan Kereta Inspeksi generasi baru pada hari ini, Sabtu, 6 Januari 2018 di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang.

Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan baik kepada para pegawai PT KAI maupun kepada masyarakat di sekitarnya, KAI resmikan Klinik Kesehatan Mediska Semarang Poncol yang terletak di Jalan Imam Bonjol No. 103 Semarang, sebelah timur Stasiun Semarang Poncol. Klinik ini memiliki luas bangunan 306,29 m² dengan luas tanah 843,21 m² beroperasi dari hari Senin s.d. Sabtu dengan jam operasional Senin s.d. Kamis pukul 07.15 WIB s.d. 14.00 WIB, Jum’at pukul 07.15 WIB s.d. 11.00 WIB, dan Sabtu pukul 07.15 WIB s.d. 12.00 WIB. Klinik Mediska melayani pengobatan untuk pegawai kereta api beserta keluarganya dan untuk masyarakat umum melalui fasilitas pelayanan kesehatan BPJS.

Klinik Mediska menyediakan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan diantaranya Poli Umum, Poli Gigi, Laboratorium, Ruang Gawat Darurat, Apotek, dan Ruang Tunggu. Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien ditangani langsung oleh 7 tenaga medis KAI profesional dan sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari Dinas Kesehatan. Diharapkan dengan adanya Klinik Mediska ini, dapat meningkatkan kesehatan seluruh pegawai KAI pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Rencananya Klinik Mediska ini juga akan dioperasikan setiap hari selama 24 jam.

Selain meresmikan klinik kesehatan, pada hari yang sama dilakukan juga peresmian Kereta Inpeksi generasi baru di Stasiun Semarang Tawang. Kereta Inspeksi ini mengusung tema Go Green menampilkan balutan warna eksterior berwarna hijau. Kereta Inspeksi baru terdiri dari 2 KRD dengan nomer seri K1 3 80 01 dan K1 3 82 02 yang dirangkaikan menjadi satu. Kereta Inspeksi ini merupakan eks-KRD yang pernah beroperasi sebagai KA Sriwedari (relasi Solo – Yogya PP) dan KA Kedung Sepur (Semarang Poncol – Ngrombo PP) yang telah dilakukan modifikasi oleh BY Yogyakarta dengan waktu pengerjaan selama 2 bulan.

Simak juga:  PT KAI Berlakukan Tarif Promo KA Eksekutif Jelang Ramadhan

Dalam sambutannya, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro sangat mengapresiasi kinerja jajaran sarana PT KAI khususnya Balai Yasa Yogyakarta yang telah berhasil membuat Kereta Inspeksi ini. “Kita patut bangga, atas hasil karya anak bangsa yang telah berhasil membuat Kereta Inspeksi baru ini. Semua yang ada di Kereta Inspeksi baru merupakan produk buatan dalam negeri,” jelasnya. Beberapa fasilitas yang tersedia dalam Kereta Inspeksi yakni Kabin masinis, tempat duduk khusus inspeksi langsung jalur rel, Mushola, Ruang Panel Listrik, Ruang Genset, dan Toilet.

Acara peresmian Kereta Inspeksi ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga dan prosesi pemecahan kendi yang dipimpin langsung Edi Sukmoro dengan didampingi jajaran Direksi yang dilanjutkan dengan doa bersama untuk keselamatan perjalanan kereta api khususnya Kereta Inspeksi. Selanjutnya Edi Sukmoro beserta jajaran Direksi berkenan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan Kereta Inspeksi pada petak jalan Semarang Tawang menuju Semarang Poncol.

 

Sumber: KAI

Lihat Juga

STIKES Wira Husada Yogyakarta

Advertorial STIKES Wira Husada merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang pertama kali berdiri di Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.