Minggu , 16 Desember 2018
Beranda » Pariwisata » BPPS dan Dinpar Sleman Gencarkan Promosi Pariwisata
Ketua BPPS Guntur Eka Prasetya (kiri) bersama Kadinpar Sleman Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si (kanan) (ft. Ist)

BPPS dan Dinpar Sleman Gencarkan Promosi Pariwisata

Potensi pariwisata di Sleman yang besar mendorong Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) bekerjasama dengan Dinpar Sleman giat mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Sleman. Salah satu langkah yang dilakukaan dalam mempromosikan adalah menggelar pers tour ketempat-tempat wisata wilayah kabupaten yang berslogan Sleman Sembada..

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih, kegiatan pers tour yang dilakukan selama tiga hari diikuti 10 jurnalis dari dari 10 propinsi, yakni dari Riau, Sumsel, Lampung, Kalimanatan, NTB, Bali, Jatim, Jabar, Jateng, Jakarta dan Yogakarta.

Sedangkan tempat-tempat wisata yang dikunjungi para jurnalis, adalah lava tour, agro wisata salak pondoh, perajin batik di berbah, rumah dome, kuliner joglo plawangan dan beberapa candi yang tersebar di kabupaten Sleman.

Selain beberapa tempat wisata, Sleman sekarang memiliki 31 desa wisata  yang menawarkan keaneragaman seni dan budaya alam dan kuliner  yang menyuguhkan beraneka ragam menu tradisional. Dari ke 31 desa wisata tersebut  7 diantaranya status mandiri, 14 berkembang dan 10 tumbuh.

Bisanya ditempat desa wisata, para pengunjung bisa menikmati penampilan seni tradisional, perajin  batik atau berbagai jenis menu makanan khas.

Simak juga:  Peran Wanita dalam Bidang Pariwisata Sangat Penting

Sudarningsih menambahkan, dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 780 Miliar pertahun, sektor pariwisata mampu menyumbang 23 persen  atau 200 juta pertahun.

ForMATA

Ketua BPPS Guntur Eka Prasetya menambahkan, selain  BPPS saat ini berkomitmen mempromosikan destinasi wisata yang ada di wilayah Sleman dengan beberapa program, diantaranya menggandeng para jurnalis untuk ikut mempromosikan potensi juga menggelar kampanye wisata melalui travel dialog keluar propinsi.

Untuk akhir tahun 2018 ini BPPS kerjasama dengan Dinpar mengundang 10 jurnalis dari 10 propinsi yang bergabung dalam Forum Media Peduli Pariwisata (ForMATA) nusantara.

Dengan kegiatan ini selain para jurnalis bisa melihat secara langsung  potensi pariwisata  di Sleman juga bisa mempromosikan ke berbagai nusantara melalui media masing-masing.

Guntur berharap, dengan promosi ini bisa tersiar di berbagai media baik di dalam negeri maupun luar negeri, selain bisa mengenalkan potensi wisata juga bisa menigkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun dari mancanegara

Sementara target jumlah wisatawan di Sleman tahun ini sudah melebihi target, yakni sudah lebih dari 8 juta jumlah kunjungan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Simak juga:  Peran Wanita dalam Bidang Pariwisata Sangat Penting

Salah satun upaya  mendukung  promosi wisata  BPPS pada akhir tahun 2018 ini melaunching video promosi pariwisata.  (Nadi Mulyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *