Senin , 10 Desember 2018
Beranda » Seni & Budaya » Sumpah Gandari Menutup Mata Seumur Hidup

Sumpah Gandari Menutup Mata Seumur Hidup

Dimulai ketika Dhritarashtra sudah mengetahui pernikahannya dengan Gandari akan segera dilaksanakan. Sebagai seorang putra mahkota maka ia menunjukkan kekuatannya dengan bertarung versus gajah. Meski buta namun Dhritarashtra memiliki kekuatan yang hebat. Empat gajah berhasil dikalahkannya.

Namun saat akhir, Dhritarashtra sudah berhasil merantai empat gajah itu, tiba-tiba satu gajah lepas dan langsung menyerang Dhritarashtra. Untunglah Pandu segera bertindak dan membantu kakaknya. Dhritarashtra menjadi emosi ketika Pandu membantunya padahal sang adik hanya tidak tega jika melihat kakaknya terluka.

Sekedar info Dhritarashtra ini memiliki sifat ambisius yang tinggi, ia ingin menjadi raja. Kelak ia menurunkan anak yang juga memiliki sifat sama dengan dirinya, Duryudhana. Sedangkan Pandu sang adik bersifat lemah lembut.

Kemudian Widura bertemu Dhritarashtra dan Pandu dan mengatakan kepada mereka bahwa hanya sang pangeran benar akan dinobatkan menjadi Raja. Dhritarashtra sebagai kakak tertua ingin sekali menjadi raja.

Akhirnya persiapan pernikahan Gandhari dengan Dhritarashtra pun dilakukan. Sangkuni datang untuk mengetahui tentang pernikahan Gandhari dengan Dhritarashtra. Betapa marahnya sengkuni setelah tahu bahwa adiknya bakal dinikahkan seorang yang buta, apalagi adiknya Gandari bersumpah akan menutup matanya selama-lamanya setelah menikah dengan Dhritarashtra. Hal itu sebagai sumpah setia Gandari pada Dhritarashtra.

Simak juga:  Pandu Dewonoto dan Kunti Naribronto

Sengkuni tidak terima. Ia membujuk adiknya agar tidak menyengsarakan dirinya sendiri. Ia menolak adiknya menikah dengan Dhritarashtra. Namun Gandari tetap pada keputusannya, menikah dengan Dhritarashtra dan bersumpah tidak akan melihat dunia.

Akhirnya pernikahan pun dilaksanakan. Dhritarashtra berharap untuk pernikahannya dengan Gandari pun terlaksana dengan lancar. Setelah resmi menikah Gandhari mengambil sumpah dan penutup mata sendiri.

Hal itu membuat semua orang kaget. Bahkan Dhritarashtra menolak keputusan Gandari. Namun Gandari berhasil menjelaskan alasannya mengapa ia berbuat seperti itu.

Setelah itu tibalah saatnya Dhritarashtra dinobatkan menjadi raja hastinapura. Esok upacara penobatan akan dilaksanakan. Semua orang sudah sepakat bahwa Dhritarashtra layak menjadi raja. Namun ada satu orang yang melihat lain yakni Widura, adik ketiga dari Dhritarashtra dan Pandu. (Eno Suhardi/Bambang Udoyono)

Lihat Juga

Bhima Diracuni oleh Sengkuni

Setelah kehadiran Guru Drona kala para pangeran bermain bola tangan. Arjuna paling kagum terhadap Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *