Selasa , 21 November 2017
Beranda » Kesehatan » STIKES Wira Husada Yogyakarta

STIKES Wira Husada Yogyakarta

Advertorial

STIKES Wira Husada merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang pertama kali berdiri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Didirikan oleh Yayasan Wira Husada pada tahun 2002. Semula hanya memiliki 2 program studi, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, keduanya program S1. Perhatian masyarakat pada waktu itu cukup besar, mengingat masih sedikitnya pendidikan khusus keperawatan dan kesehatan masyarakat yang berjenjang S1. Namun perhatian yang besar itu belum dapat diimbangi oleh Stikes Wira Husada, mengingat masih sangat kecilnya daya tampung. Pada tahun 2006, Yayasan Wiyata Husada yang juga mengelola Stikes bergabung ke Stikes Wira Husada, sehingga memiliki tambahan 2 prodi, yaitu D3 Keperawatan dan D3 Keseharan Lingkungan.

Pada tahun 2012, Stikes Wira Husads membuka Program Pendidikan Profesi Ners, agar para lulusan siap bekerja. Dengan bertambahnya program studi yang sekaligus jumlah mahasiswanya. Stikes Wira Husada juga meningkatkan sarana dan prasarana pendidikannya. Upaya itu diantaranya mengupgrade gedung di Babarsari, menambah ruang kuliah, meningkatkan laboratorium dan perpustakaan. Fasilitas untuk aktivitas non akademik mahasiswa juga ditingkatkan. Prestasi yang diraih mahasiswa Stikes Wira Husada adalah sebagai juara tetap futsal, dan paduan suara antar Stikes se-DIY.

Jumlah dosen tetap sebanyak 41 orang dengan kualifikasi S2 dan S3. Secara bertahap kemampuan akademik dan manajemen para dosen dan karyawan selalu ditingkatkan. Dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggj, Yayasan Wira Husada menyediakan dana penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa. Selain itu juga diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan lanjutan baik didanai oleh Yayasan maupun bea siswa dari berbagai lembaga baik dalam negeri maupun luar negari. Untuk melancarkan kegiatan praktik lapangan, Stikes Wira Husada mengadakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas dan berbagai Rumah Sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jumlah mahasiswa saat ini sekitar 800 orang, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Lulusan Stikes Wira Husada sampai sekarang berjumlah 2122 orang, yg terserap di berbagai instalasi kesehatan pemerintah maupun swasta, serta sebagai tenaga kependidikan kesehatan.

Sampai saat ini Stikes Wira Husada telah memiliki 2 jurnal elektronik bidang Kesehatan Masyarakat dan jurnal elektronik keperawatan yang terbit secara berkala sejak tahun 2012. Menurut Ketua Stikes Wira Husada Dr. Ning Rintiswati M.Kes untuk memfasilitasi penelitian para dosen dan mahasiswa telah dibentuk “Tim etik penelitian kesehatan Stikes Wira Husada”, sehingga setiap penelitian diharapkan akan sesuai dengan standar etik nasional. (Iman Santosa)

Lihat Juga

Pentingnya Pelayanan Kesehatan

Kehadiran Stikes Wira Husada dengan tim kesehatannya dalam Diskusi Kebangsaan Paguyuban Wartawan Sepuh memang sangat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *