Selasa , 20 November 2018
Beranda » Kesehatan » Sengatan Lebah Bagi Kesehatan

Sengatan Lebah Bagi Kesehatan

Kita mengenal lebah hanya seekor binatang yang dapat menggigit, menyengat, membuat sarang di rumah, ternyata lebah dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit radang

sendi. Bahkan beberapa rumah sakit telah menggunakan binatang ini secara teratur untuk pengobatan.

Selain menghasilkan madu, lebah juga terbukti baik untuk kesehatan kita dalam cara-cara terntentu, antara lain:

Arthritis

Ada sejumlah bukti anekdot yang berkembang di masyarakat dimana sengatan lebah membantu menyembuhkan sakit akibat radang sendi. Dan ternyata hal ini dibenarkan Jade Tadman, seorang juru bicara Arthritis Research Campaign, yang                             mengatakan beberapa penderita menemukan sengatan  lebah sangat membantu.

Para ahli meyakini bahwa sengatan lebah dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang disebut cortisol. Ini adalah hormon  anti-inflammatory yang dapat menyembuhkan rasa sakit setelah disengat.

Sklerosis

Sejumlah penderita sclerosis di Amerika  mengklaim sengatan lebah dapat membantu mereka mengontrol dan bahkan mengembalikkan kondisi mereka. Untuk mencoba dan menemukan rahasia sengatan lebah ini, suatu penelitian kecil mengenai pengaruh sengatan lebah pada penderita  sclerosis tengah dilakukan oleh Georgetown Univeristy di Washington.

Alergi terhadap sengatan lebah  Satu bagian yang telah terbukti bahwa lebah

berguna bagi kesehatan adalah penggunaan sengat  lebah untuk menyembuhkan orang yang alergi  terhadap sengatan lebah. Pengobatan ini dikenal  dengan immunotherphy. Pasien akan menerima  suntikan setiap minggu selama delapan minggu untuk membentuk kekebalan.  Madu  Lebah adalah penghasil madu terbaik yang

memiliki keuntungan kesehatan luar biasa. Madu yang dikenal sebagai anti inflammantory sering digunakan untuk menyembuhkan sakit tengorokan.

Para peneliti yakin madu dapat digunakan untuk  menyembuhkan berbagai luka termasuk luka bakar, bisul-bisul kaki dan luka setelah operasi karena madu mengandung hydrogen peroxide yang dapat  membunuh kuman dan mencegah yang lain berkembang. (ASW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.