Beranda » Kesehatan » Minyak Ikan Baik untuk Otak

Minyak Ikan Baik untuk Otak

BANYAK manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan, salah satunya adalah mereka yang banyak makan ikan memiliki lebih kecil resiko masalah mata. Hal ini pada dua penelitian yang dilakukan peneliti National Eye Institute, John Paul San Giovanni, ScD dan rekannya dimana minyak ikan mencegah dua masalah mata serius.

Penelitian pertama terhadap masalah kemorosotan penglihatan yang diakibatkan usia. Masalah ini terjadi akibat gangguan pada pusat retina, syaraf mata bagian belakang yang dapat menyebabkan kebutaan.

Mengapa minyak ikan dapat mencegah penurunan penglihatan yang disebabkan usia? Satu komponen yang terdapat dalam minyak ikan yang dikenal docosahexaenoic atau yang lebih dikenal dengan nama DHA adalah satu dari asam lemak omega 3 yang juga memiliki keuntungan bagi kesehatan lain.

Penelitian kedua dilakukan dalam masalah sindrom kekeringan mata. Gejala ini terjadi ketika mata seseorang tidak memiliki cukup cairan mata yang dapat berakibat goresan pada kornea dan hilangnya penglihatan.

Dalam penelitian ditemukan wanita yang diet dengan memasukan sebagian besar makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ketika diukur dengan seberapa banyak mengkonsumsi ikan, sedikit memiliki sindrom kekeringan mata.

Salah satunya adalah makan ikan tuna. Mereka yang makan ikan tuna dua sampai empat porsi ikan tuna setiap minggu memiliki 18% resiko lebih kecil mengalami sindrom ini dibanding mereka yang kurang konsumsi ikan tuna.

Membantu Belajar

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan anak-anak yang memiliki kesulitan belajar dapat diuntungkan dengan mengkonsumsi suplemen asam lemak seperti minyak ikan.

Hal ini didasari penelitian yang menemukan bahwa setelah mengkonsumsi tablet berisi minyak ikan selama enam bulan, perilaku anak mengalami perkembangan secara dramatis.

Penelitian ini melibatkan 100 anak yang dirancang untuk menemukan cara untuk membantu 30 persen anak-anak yang mengalami kondisi seperti dyslexia, dyspraxia dan attention deficit hyperactive disorder (ADHD).

Penelitian yang merupakan hasil kerjasama pemerintah daerah Durham, Univeritas Oxord dan Dyslexia Research Trust melakukan percobaan pengontrolan placebo dengan 12 ribu analisis penilaian oleh para peneliti.

Diantara keberhasilan penelitian ini adalah apa yang terjadi pada seorang bocah asal Durham bernama Elliot Brown yang fasih dalam berbicara tetapi tidak bisa membaca atau menulis dengan baik. Namun perubahan besar terjadi, bocah berumur 9 tahun saat ini mengalami perkembangan di sekolahnya dna sangat antusias mengerjakan pekerjaan rumah dan memilki keinginan besar terhadap musik klasik.

Menurut Situs maya Vision, Suplemen yang digunakan dalam percobaan tersebut adalah eye q yang dibuat menggunakan penelitian ke dalam rantai panjang asam lemak yang diperlukan bagi fungsi optimal otak dan mata. Formula eye q sangat tinggi omega 3 EPA yang memainkan peranan penting dalam tubuh juga mengandung omega 3 DHA dan omega 6 GLA.

Ikan Salmon

Ikan salmon selain dikenal sebagai makanan bagi otak juga memiliki khasiat sebagai makanan untuk menjaga kulit sehat. Ikan salmon dapat mengobati terjadinya keriput pada kulit dan memelihara penampilan kulit tetap sehat.

Salmon adalah ikan yang kaya lemak tak jenuh Omega 3 yang dapat mengurangi                                 produksi partikel penyebab radang dalam tubuh yang dapat merusak kulit. Jika anda tidak bisa makan salmon cobalah beberapa ikan laut lain seperti ikan haring, ikan bandeng dan ikan tawar lain yang memberikan keuntungan anti radang yang sama.

Salmon juga mengandung protein tinggi, coenzim Q-10 adalah suatu antioksidan                                 dan juga kaya dimethylaminoetahnol (DMAE).

Pada dasarnya kunci bagi kulit sehat tergantung pada apa yang anda makan dan tidak hanya mengkonsentrasikan hanya pada satu makanan.

Kulit adalah organ terbesar tubuh dan dapat merefleksikan seluruh kesehatan seseorang.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulit tetap sehat;  Minum banyak air. Air dapat menjaga kulit dari dehidrasi dan membuang racun. Biasanya delapan gelas air per hari cukup baik untuk menjaga kulit tetap sehat.

Makan makanan yang berwarna oranye. Makanan ini kaya beta karotin yang dapat membantu memperbaiki kulit. Makanan ini termasuk kentang manis, wortel dan mangga. Tetapi ingat jangan makan berlebihan karena jumlah yang telalu banyak akan disimpan dalam tubuh dan membuat sakit.Masukkan vitamin C. Vitamin C dapat membantu dalam pembentukkan kolagen yang membantu kulit tetap kuat. Dan tidak seperti vitamin A, tubuh dapat menghilangkan jumlah yang berlebihan dari vitamin ini.

Makan sedikit lemak. Jika anda makan terlalu sedikit lemak, kulit akan kering. Tetapi hindari konsumsi lemak yang berlebihan, seperti daging merah, mentega dan keju.

Menjaga keseimbangan. Multi vitamin masih lebih baik dibanding suplemen. Kadang-kadang jumlah yang berlebihan dari satu jenis vitamin dapat mengurangi kemampuan tubuh meyerap vitamin jenis lain.

Jangan lupa vitamin H. Biotin atau yang dikenal vitamin B7 atau vitamin H dapat mencegah kerapuhan kuku. Biotin ini ditemukan dalam telur, ikan, susu, keju dan kubis. (ASW)

Lihat Juga

Cak Nun, Duduk Iftirosy dan Kesehatan

Oleh: dr. Ade Hashman, Sp. An. Menarik membaca artikel yang ditulis Donny Kurniawan berjudul Cak Nun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *