Beranda » Kesehatan » Kulit Manggis Handal Libas Amandel

Kulit Manggis Handal Libas Amandel

INDONESIA terkenal dengan kekayaan hutan tropika yang meliputi sebagian besar dari muka buminya. Tumbuhan segar ini bukan saja membuat nyaman  dan  memperindah wilayah sekitarnya, tetapi juga mempunyai keistimewaan tersendiri. Beberapa tumbuhan memang telah dikenal pasti secara saintifik tentang  kegunaannya sebagai penyembuh  penyakit. Terdapat beberapa jenis tumbuhan  yang menjadi sumber utama bagi beberapa jenis pengobatan yang penting , seperti petai, manggis, ubi gadong, teh, bunga tahi  ayam , kemunting  cina , dan  pokok  letup-letup.

Manggis dikenal dengan pelbagai nama. Nama Latin Manggisnya Garcinia  mangostana, nama Indonesia ialah Manggistan atau Manggu, dan nama Inggris  ialah Mangosteen. Manggis tergolong dalam famili Guttifeare .

Aslinya berasal dari Asia  Tenggara. Dan Manggis  telah  dibudidayakan dan ditanam di kawasan tropika, yaitu India , Thailand , Indo-China , dan  Filipina .

Tinggi pohon pokok manggis antara 6-20 meter. Daunnya  berbentuk bujur  panjang  dan  buahnya  berbentuk  bulat  yang  berdiameter  3.5-7 cm .

Buah manggis berwarna ungu gelap, dengan stigma yang besar dan dibalut  pula  dengan cerubung.

Buah manggis sesuai dimakan kulit bijinya. Buahnya  amat manis  dan  beraroma, terutama apabila buahnya masak .

Buah  manggis akan terasa kecut apabila buahnya terlampau tua. Di samping itu, kulit buah manggis kadangkala tebal dan mempunyai getah berwarna kuning .

Kulit buah manggis dapat mengobati penyakit diarre atau mencret bahkan juga baik untuk mengobati dysentri artinya diare berdarah- leucorrhea dan cacingan. Menurut penelitian ilmiah kandungan buahnya dapat mencegah hemorrhoid, ulser dan leucorrhea. Getah pohonnya biasa digunakan untuk obat pencuci perut yang kuat. Kulit buah manggis juga baik untuk menghalau diare.

Nilai obat-obatan yang terdapat pada manggis awal mulanya diteliti oleh para pengkaji dari india yang awal mulanya diujikan pada hewan. Dan ternyata percobaan ini berjalan dengan baik dan kemudian dipergunakan pula untuk obat manusia. Di India dan di Malaysia, pengobatan dengan buah Manggis ini sudah lazim.

Kandungan kimianya di dalam buah disebut antara lain Triterpenoid, Mangostin, tanin, resin. Kulit buah dan akar daunnya mempunyai sifat khusus, rasanya pahit dan menetralkan. Khasianya sebagai astrigen, untuk penyegar kulit. akarnya mengandung emenagog yang mampu mengatasi haid yang tidak teratur. Daunnya mengandung antipiretik yang mampu mengatasi demam. Sedang kulit buahnya bisa digunakan untuk mengatasi amandel, keputihan, nyeri tenggorokan, radang kandung kemih dan sariawan. Lama pengobatannya biasanya 10 hari.

Kulit buahnya direndam dalam air satu liter kemudian dipanaskan. Dan air ini kemudian digunakan untuk berkumur, sehingga bisa mengatasi amandel, sakit sariawan dan nyeri tenggorokan. (SW)

Lihat Juga

Cak Nun, Duduk Iftirosy dan Kesehatan

Oleh: dr. Ade Hashman, Sp. An. Menarik membaca artikel yang ditulis Donny Kurniawan berjudul Cak Nun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *