Senin , 10 Desember 2018
Beranda » Seni & Budaya » Kelahiran Anak Ambika dan Ambalika

Kelahiran Anak Ambika dan Ambalika

Dimulai setelah kelahiran anak Ambika dan Ambalika atas bantuan resi Wiyasa. Dengan kelahiran bayi ini penerus Kerajaan Hastinapura bukan lagi dari Raja Sentanu murni. Keturunan dari raja Sentanu hanyalah tinggal Bhisma seorang, namun Bhisma enggan menjadi raja.

Anak Ambika dan Ambalika tersebut diberi nama Dretarastra dan Pandu. Karena kedua anak Ambika dan Ambalika cacat maka Satyavati menginginkan anak ketiga dari Resi Wiyasa. Namun Ambalika tidak mau lagi menemui resi Wiyasa dan mengirimkan pelayannya. Maka dari pelayan itu lahirlah seorang bayi laki-laki sempurna diberi nama Widura. Kelak Widura menjadi anak yang cerdas, pandai, dan penuh kebaikan.

Sementara itu Amba pada akhirnya kembali ke Hastinapura dan meminta Bisma untuk memilih baik perkawinan atau kematian. Bhisma tidak bisa menjawab karena ia sudah bersumpah untuk tidak menikah. Kemudian Amba mengatakan bahwa Parasurama telah memanggilnya. Kemudian Bhisma pun menemui gurunya, Parasurama

Bisma menjelaskan kepada Parasurama mengenai kejadian yang sebenarnya, namun sang guru tetap teguh menganggap Bhisma bersalah dan meminta Bhisma bertarung dengannya. Maka dengan terpaksa Bhisma pun bertarung dengan gurunya sendiri. Pertarungan berjalan dahsyat dan imbang karena keduanya sama-sama ampuh. (Eno Suhardi/Bambang Udoyono)

Lihat Juga

Bhima Diracuni oleh Sengkuni

Setelah kehadiran Guru Drona kala para pangeran bermain bola tangan. Arjuna paling kagum terhadap Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *