Senin , 10 Desember 2018
Beranda » Seni & Budaya » Dendam Dewi Amba kepada Bhisma

Dendam Dewi Amba kepada Bhisma

Mengenai Dendam Dewi Amba Kepada Bhisma,  dimulai dengan perbincangan Satyawati yang meminta Bhisma untuk tidak bersikap keras pada Wicitrawirya.

Kemudian, Satyawati menyuruh Bhisma untuk mencarikan permaisuri Wicitrawirya. Yang akan dijadikan istri Wicitrawirya adalah tiga putri Raja Kashi.

Bhisma tidak bisa menolak permintaan Ratu Satyawati. Dia pun segera membawa kereta kuda dan pergi ke tempat Raja Kashi untuk ikut sayembara memperebutkan putri-putri Raja Kashi, yakni Amba, Ambika, Ambalika.

Seorang peserta, yakni Raja Salwa yang sudah menjalin kasih dengan Amba, tersinggung dengan sikap Bhisma yang meminta ketiga putri Raja Kashi. Dia menantang Bhisma tapi Salwa bukanlah tandingan Bhisma, ia pun segera dikalahkan Bhisma dengan mudah. Dan karena Amba bersikeras tetap tidak mau menikah dengan Wicitrawirya maka Bhisma hanya membawa Ambika dan Ambalika.

Putri Amba hanya mencintai Raja Salwa. Namun cinta Amba sia-sia. Raja Salwa menolaknya karena sebagai kesatria ia sudah$ kalah dengan Bhisma dan tidak berhak atas putri Amba.

Kemudian Amba datang ke Hastinapura dengan amarah membara karena sudah “dibuang” oleh Salwa. Amba meminta Bhisma menikahinya, namun Bhisma tidak dapat menyanggupinya, karena Bhisma sudah bersumpah tidak menikah.

Simak juga:  Dewi Amba Rela Jatuh Bangun di Hutan untuk Menemui Parasurama

Note penulis: Dendam Amba sangat dalam pada Bhisma nantinya ia pun bersemedi untuk membalas dendam pada Bhisma. Pada suatu masa Amba pun lahir kembali atau reinkarnasi menjadi Srikandi. Dalam cerita-cerita Mahabharata bersumber buku, Srikandi adalah pangeran yang membunuh Bhisma dalam perang Mahabharata. (Eno Suhardi/Bambang Udoyono)

Lihat Juga

Bhima Diracuni oleh Sengkuni

Setelah kehadiran Guru Drona kala para pangeran bermain bola tangan. Arjuna paling kagum terhadap Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *