Senin , 10 Desember 2018
Beranda » Seni & Budaya » Awal Mula Keturunan Bangsa Bharata

Awal Mula Keturunan Bangsa Bharata

Mengisahkan tentang awal mula keturunan Bangsa Bharata. Pada awalnya dikisahkan mengenai kehidupan Satyawati, perempuan anak nelayan yang dicintai oleh Raja Hastinapura, Raja Sentanu. Satyawati yang berparas cantik, namun kuat bak kesatria bersama Raja Sentanu berada di sebuah perahu kecil, mereka saling bermesraan mengumbar cinta.

Kemudian Satyawati menunjukkan kehebatannya dalam menangkap ikan pada Raja Sentanu di atas perahu. Meski demi membuktikan kepada Raja Sentanu, tangan Satyawati sampai mengeluarkan darah saat menarik jaring penangkap ikan. Melihat hal tersebut, Raja Sentanu semakin terpesona dengan Satyawati.

Di sebuah desa di pinggiran India yang merupakan wilayah Kerajaan Hastinapura diserang oleh Raksasa. Kemudian datanglah seorang pemuda berkuda gagah perkasa. Dengan kemampuan tarungnya ia pun berhasil membunuh Raksasa. Setelah itu Raja Shantanu datang bersama prajurit istana, Raja Shantanu bingung karena ia tidak mengenal pemuda yang ampuh tersebut. Tak lama datanglah Dewi Gangga, ia menjelaskan kepada raja bahwa pemuda itu adalah Bhisma, anaknya Raja Sentanu dahulu yang telah dibawa pergi oleh Dewi Gangga. Mendengar hal tersebut, Shantanu begitu gembira dan menerima Bisma sebagai anaknya.

Simak juga:  Isteri Resi Kindama Terkena Panah Pandu

Episode 1 dilanjutkan dengan kecemburuan dan amarah Satyawati saat mengetahui keberadaan Bhisma, apalagi tatkala Raja Shantanu mengumumkan bahwa Bisma adalah Pangeran MahkotaHastinapura. Satyawati ingin bahwa keturunanyalah nanti yang menjadi penerus tahta, ia pun memberi syarat kepada Raja Shantanu, Satyawati mau menjadi permaisuri jika anaknya kelak menjadi putra mahkota.

Dewi Gangga muncul dan menjelaskan pada Sentanu bahwa Bhisma adalah putranya.
Raja Sentanu bingung namun Bhisma yang mengetahui hal itu kemudian dengan rendah hati menemui Satyawati. Dia meyakinkan kepada Satyawati bahwa keturunannyalah yang bakal meneruskan tahta Hastinapura dan Bhismalah orang yang akan menjaga kedigdayaan Kerajaan Hastinapura. Perjanjian Bhisma dengan Satyawati kemudian dikenal dengan Sumpah Bhisma.

Note oleh penulis: Raja Sentanu pernah menikah dengan Dewi Gangga, saat itu Dewi Gangga menyamar menjadi manusia. Namun ia memberi syarat kepada Sentanu, setelah menikah raja Sentanu tidak boleh menghalangi apapun yang dilakukan Dewi Gangga kelak untuk tidak menghalanginya, jika sampai hal itu terjadi, maka Dewi Gangga akan pergi. Setelah menikah dan setiap melahirkan anak, Dewi Gangga selalu membuang anaknya ke sungai. Tindakan itu dilakukan sampai anak ke-7. Pada saat anak ke-8 lahir dan Dewi Gangga ingin menceburkan bayi tersebut di sungai, Sentanu tidak tahan dan menghentikannya. Dewi Gangga kemudian mengingatkan pada Sentanu tentang syaratnya dahulu, maka Dewi Gangga pun pergi dengan membawa bayi tersebut. Kelak bayi tersebut kembali dipertemukan dengan Sentanu. Bayi tersebut adalah Bhisma. (Eno Suhardi/Bambang Udoyono)

Lihat Juga

Bhima Diracuni oleh Sengkuni

Setelah kehadiran Guru Drona kala para pangeran bermain bola tangan. Arjuna paling kagum terhadap Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *